Beranda Nasional 10 Ribu Melawan 60 Ribu

10 Ribu Melawan 60 Ribu

87
0
BERBAGI

Dari lima laga fase grup SEA Games 2017 yang dijalani Indonesia, rekor jumlah suporter Merah Putih tercatat paling banyak saat melawan Vietnam. Tapi, malam ini bisa jadi rekor itu bakal terpecahkan. 

Alokasi 10 ribu tiket yang disediakan untuk suporter Garuda Muda –julukan tim nasional Indonesia– jadi rebutan. Selain karena sudah memasuki semifinal, faktor lawan, Malaysia, juga jadi pemicu tingginya antusiasme. 

Di Malaysia saja ada sekitar 4 juta warga Indonesia. Belum lagi yang datang langsung dari berbagai kota di tanah air untuk menonton laga di Stadion Shah Alam tersebut.   

Endri Erawan, manajer Indonesia, menyatakan bahwa pihaknya sebenarnya sudah meminta tambahan kuota tiket. “Tetapi memang mentok karena faktor keamanan,” katanya kemarin (25/8). 

Stadion Shah Alam sebenarnya berkapasitas 80 ribu tempat duduk. Namun, panitia pelaksana (panpel) sepak bola SEA Games 2017 memutuskan hanya menjual 70 ribu tiket. Satu tribun dikosongkan untuk memberikan jarak antara suporter Malaysia dan Indonesia.

Dari jumlah tersebut, hanya sepertujuh yang diperuntukkan fans Merah Putih. Abang Zulkarnain, ketua panpel, menyatakan bahwa pihaknya memang sangat memperhatikan faktor keamanan.  “Sekitar seribu polisi akan membantu kami. Itu bisa bertambah melihat situasi besok (malam ini, Red),” ungkapnya. 

Tadi malam manajemen Garuda Muda juga telah berkoordinasi dengan aliansi suporter yang ada di Malaysia. Harapannya, apa pun hasil pertandingan semifinal malam ini, emosi harus tetap terkontrol.

 Sebab, AFC (Federasi Sepak Bola Asia) sudah mewanti-wanti PSSI akan adanya denda jika suporter Indonesia melakukan keributan. “Ini upaya kami untuk turut membuat penonton juga lebih tertib,” lanjut Endri. (*)

LOGIN untuk mengomentari.