Beranda Nasional 21 Pengaruh Terbesar Membuat Kamu Kehilangan Rambut Banyak

21 Pengaruh Terbesar Membuat Kamu Kehilangan Rambut Banyak

201
0
BERBAGI

Perlu kamu ketahui bahwa rambut bisa saja tidak lagi bagus layaknya kamu di masa rambut indhamu berkilau. Tipikal orang bermacam-macam, ada yang menginginkan bahwa memiliki rambut lurus lebih bagus atau bahkan rambut keriting jauh lebih indah di panjang. Semua memang ada porsinya, termasuk ketika kamu memiliki rambut keriting dan kamu sangat berambisi untuk membuatnya menjadi lurus layaknya rambut orang lain yang lurus. Cara ini disebut sebagai rebonding ataupun smoothing apapun segala cara yang bisa membuat rambutmu menjadi indah dan berkilau. 

Namun, tahukah kamu bahwa ini semua juga ada efek sampingnya sebab rambut juga hal yang sangat rapuh dan jika semua terjadi seketika bisa jadi nantinya rambutmu akan mengalami kebotakan. Dan semua orang pun tidak akan pernah mau mengalami hal yang seperti ini. Pengaruh terbesar yang membuatmu kehilangan rambut kebanggaanmu bisa dipengaruhi dari beberapa hal yaitu :

1. Kurang terjaganya metabolisme tubuh karena berat badan turun secara drastis

Dengan berat badan yang dahulunya berat atau stabil kemudian kamu mengalami penurunan berat tentu saja hal ini bisa membuat rambutmu rontok. Sebab kondisi badanmu berbeda dengan biasanya, dan ini menyebabkan rambutmu rontok berkepanjangan. 

2. Akibat kulit kepala yang kurang sehat

Kurang sehat dalam artian kulit kepala sehat juga berpengaruh besar, sehingga rambut tidak bisa lagi tumbuh dan terus-menerus mengalami kerontokan dan ini memicu kebotakan terjadi padamu.

3. Kulit kepala kering 

Kondisi kepala kering bisa membuat rambut rontok karena kulit rambut yang kering akan mengakibatkan akar rambut tidak tertanam dengan baik.

4. Alat keriting

Sama halnya catok, mengkeritingkan rambut pun bisa menyebabkan rambut rontok. Manusia memang tidak ada puasnya rambut lurus ingin dikeritingkan, sedangkan rambut keriting ingin diluruskan.

5. Ketombe pun bisa memicu rambut rontok

Ketombe banyak alasan, mulai dari jarang keramas ataupun keramas yang kurang bersih. Sehingga bisa jadi hal ini membuat rambutmu rontok.

6. Jarang merawat diri (berkeramas)

Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang paling penting maka jangan pernah bermalas-malas ria untuk membersihkan rambut dari kotoran debu dan polusi.

7. Alat catok rambut 

Catok memang sebuah alat pendukung agar kamu bisa tampil menarik dihadapan orang banyak, tanpa terkecuali kamu pun menghalalkan segala cara agar rambutmu terlihat menarik. Padahal hal ini justru bisa membuat rambut indahmu rontok berat.

8. Terlalu banyak dosis obat

Bahkan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan pun bisa membuat rambutmu rontok, belum lagi ketika kamu salah mengkonsumsi obat bisa-bisa kebotakan pun terjadi padamu. 

9. Stress yang berkepanjangan

Stress yang berkepanjangan yang dimaksud adalah jika kondisi tubuh yang kurang baik maka rambut pun akan menyesuaikan. Stress juga masalah otak yang terus menerus dipaksakan untuk berpikir dan inilah yang menjadikan rambutmu rontok.

10. Mengikat rambut hingga kencang

Kurangi kegiatanmu yang biasanya mengikat rambut teralu kencang, karena ini merupakan penyiksaan bagi rambutmu.

11. Tingkat keturunan

Jika memang dari genetic kamu merupakan salah satu keturunan dari orang yang mudah mengalami rambut rontok, maka tidak bisa kamu pungkiri lagi bahwa selain pencegahan yang kamu lakukan. Karena memang sudah dari sananya kamu mempunyai rambut rontok dan tidak bisa lagi meyembuhkannya selain mencegahnya. 

12. Terkena penyakit anemia (kurang darah)

Jika kamu mengalami rambut rontok yang tiada kira bahkan lebih dari 100 helai yang jatuh, maka bisa dipastikan kamu sedang menderita penyakit anemia. Cukup mudah membuat anemiamu sembuh, jangan pernah kamu telat makan, dan konsumsinya makanan-makanan yang berprotein tinggis seperti daging, sayur-sayuran, dan juga buah-buahan. 

13. Calon ibu yang hamil akan mengalami rambut rontok

Ini merupakan hal yang sangat wajar ibu hamil ataupun ibu yang sudah melahirkan akan mengalami masa ini. Dimana rambut akan mudah  rontok bahkan dengan jumlah yang banyak. 

14. Polusi dan debu 

Kegiatanmu untuk setiap harinya memang tidak pernah luput terhindar dari yang namanya debu dan polusi. Maka sangat mungkin sekali jika kamu jarang membersihkan rambut bisa dipastikan rambutmu akan rapuh dan using.

15. Sedang menjalani kemoterapi

Untuk orang yang sedang mengalami masa pengobatan terutama kemoterapi akan sangat memungkinkan bagi dirinya mengalami kerontokan rambut, bahkan botak dan hingga gundul.

16. Tidak pandai memilah shampoo

Jangan pernah sesekali berganti-ganti shampoo, kandungan yang ada pada shampoo juga tidak baik bagi lapisan kulit rambut bisa jadi hal ini membuat akar rambutmu rapuh.

17. Kurangnya nutrisi yang masuk dalam tubuh

Menjadi manusia memang sangatlah susah, sebab tubuh yang kamu bawa setiap hari kemana-mana sangatlah membutuhkan nutrisi yang baik. Bagaimana mungkin kamu membiarkan badanmu lemas dan tak berdaya. 

18. Hormon yang berkurang

Hormon yang ada dalam dirimu juga akan berkurang karena kamu jarang mengkonsumsi makanan yang bergizi, bergizi bukan berarti mahal agar sistem imunmu baik sehingga tidak menimbulkan rambutmu rontok.

19. Kurangnya mengkonsumsi bawang putih dan bawang merah

Kandungan yang ada dalam bawang putih dan bawah merah ternyata sangat berpengaruh pada tumbuhnya rambutmu, oleh sebab dari itu mulainlah menyukai bawang-bawangan.

20. Perokok berat

Nikotin yang ada pada rokok juga bisa mengakibatkan rambutmu rontok,  jadi kurangi merokokmu mulai dari sekarang. Rokok juga tidak menyehatkan justru malah membuat kesehatanmu memburuk di makan usia.

21. Pola makan yang tidak teratur

Pola makan yang tidak teratur juga bisa mengakibatkan rambutmu malah rontok, dan bisa jadi kamu akan menderita penyakit anemia.