Beranda Nasional 5 Tsunami Paling Mengerikan Dalam Sejarah Dunia

5 Tsunami Paling Mengerikan Dalam Sejarah Dunia

456
0
BERBAGI

Tsunami berasal dari bahasa jepang. Yakni tsu artinya pelabuhan dan nami adalah gelombang. Dan apabila digabungan menjadi sebuah makna yaitu ombak besar dipelabuhan. Gempa bumi, longsor bawah laut dan gunung berapi dapat memicu tsunami.

Menciptakan sebuah dinding air yang melaju kencang ke arah daratan dan menerjang apapun yang dilewatinya. Hingga saat inipun peristiwa alam tersebut masih menjadi momok yang menyeramkan, karena dapat terjadi secara Tiba-tiba menyerang tanpa adanya peringatan. Nah berikut beberapa tragedi tsunami yang tercatat dalam sejarah dunia.

Tsunami di aceh 2004

Gempa berskala 9.1 SR disamudera hindia pada tanggal 26 desember 2004 memicu serangkaian tsunami menyeramkan dan banyak memakan korban jiwa. Dari aceh gelombang gergasi memantul ke 12 pantai dipesisir samudera hindia.

Memakan banyak korban dari berbagai negara asia terutama indonesia. Menjadi salah satu tsunami paling mengerikan dan mematikan dalam sejarah, tragedi ini mengguncang dunia. Tetapi selalu ada hikmah dalam sebuah dibalik semua itu. Diantaranya dapat memahami resiko yang akan terjadi di masa yang akan datang

Tsunami lisbon portugal 1775 masehi

Bencana ganda terjadi pada hari itu di lisbon portugal. Pada tanggal 1 november 1755 pukul 19.40 ratusan ribu orang yang selamat dari gempa dahsyat di lisbon yang memicu kebakaran hebat, tewas akibat tsunami yang menerjang kemudian. Gelombang setinggi 15 meter menyapu Orang-orang yang lari kepelabuhan untuk menyelamatkan diri.

Ahli geologi memperkirakan gempa lisbon mencapai hingga 9 SR. Diperkirakan total kematian antara 60.000-100.000 orang, yang menjadikan gempa ini merupakan gempa paling mengerikan dalam sejarah dunia. Bencana tersebut mempengaruhi para pisuf barat immanuel kant hingga voltaire dan melukiskan tragedi tersebut dalam sebuah novelnya.

Tsunami krakatau indonesia 1883

Pada bulan agustus 1883 gunung krakatau yang tertidur selama 200 tahun, meledakan dirinya sendiri hingga hancur Berkeping-keping.  Tsunami yang melanda Indonesia pada tanggal 27 Agustus ini merupakan tsunami terdahsyat dalam sejarah tsunami yang ada di Indonesia, karena suara letusan Krakatau terdengar hingga jarak radius 5.000 kilometer dan menyebabkan gelombang tsunami dengan ketinggian 36 meter.

Bahkan di laporkan bahwa pantai Bombay yang berada di Negara India mendadak menjadi surut. Karena dahsyatnya bencana tsunami ini mengakibatkan sekitar 40.000 orang meninggal dunia.

Tsunami yang terjadi di Pantai Timur Jepang

Tsunami yang gelombangnya mencapai 10 meter sekaligus dengan kecepatan 800 kilometer per jam ini telah menyapu bersih pantai timur Jepang, dan sekitar 18.000 orang meninggal dunia. Tsunami ini di akibatkan oleh sebuah gempa dengan kekuatan 9,0 Skala Ritcher yang berpusat di kedalaman 24,4 kilometer, akibat dari bencana ini sekitar 452.000 orang direlokasikan ke tempat pengungsian.

Setelah Tsunami mulai mereda Badan Kepolisian Jepang menyatakan 7.197 warga tewas dan 10.905 warga telah dinyatakan hilang, akibat dari Tsunami ini Jepang mengalami kerugian yang sangat besar yaitu 235 miliar dollar Amerika atau setara dengan 2.600 triliun rupiah.

Baca Juga: 10 Daftar Negara Kaya Dengan Tingkat Pengangguran Terendah

Tsunami Laut Enshunada, Jepang

Tsunami yang terjadi di Laut Enshunada pada tanggal 20 September 1498 adalah tsunami paling mengerikan dalam sejarah tsunami yang ada di Jepang, pasalnya tsunami ini di sebabkan oleh gempa yang di perkirakan berkekuatan 8,3 Skala Ritcher, dan juga gelombang tsunami yang terjadi tidak hanya pada satu pantai tetpai ada 5 pantai sekaligus yang mengalami tsunami yaitu, pantai Kii, Mikawa, Surugu, Sagami, dan Izu.

Karena dahsyatnya tsunami ini dapat memisahkan Danau Hamana dari lautan, dan sekitar 31.000 orang meninggal dunia akibat bencana ini.

Berikut bencana alam tsunami yang mengerikan dibeberapa Negara. Demikian ulasan berikut ini semoga bermanfaat.