in

6 Hal Sederhana yang Dirindukan Orang Tuamu Saat Kau Dewasa

Tumbuh menjadi dewasa tentu kita semua melaluinya. Sedari kecil kita dirawat oleh orang tua hingga akhirnya bisa dewasa dan mandiri. Terkadang setelah menjadi dewasa dan mandiri, seorang anak mulai sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan bersama orang tuanya, sehingga sering kita melihat orang tua yang kesepian di rumah. Kesepian orang tua ini membuat mereka merindukan hal-hal sederhana yang tidak bisa kamu lakukan lagi saat dewasa itu.

1. Bercerita Segala Hal yang Kamu Lalui Selama Sehari

Anak Bercerita Kepada Ibunya
Anak Bercerita Kepada Ibunya

Semasa kecil hal ini sering menjadi rutinitas setiap anak menceritakan apa saja yang ia kerjakan selama seharian. Biasanya ini dilakukan di malam hari, sang anak anak akan bercerita dengan semangat terutama akan hal-hal seru yang ia lakukan hari itu. Namun ketika dewasa itu menjadi terkesan konyol, jarang seorang anak yang sudah dewasa mau menceritakan hal yang ia lakukan di hari itu, ini lah salah satu yang paling dirindukan orang tuamu saat kau dewasa.

2. Menceritakan Masalahmu

Anak Merasa Sedih dan Ibunya Berusaha Mencari Tahu Masalah yang Dialami Anak
Anak Merasa Sedih dan Ibunya Berusaha Mencari Tahu Masalah yang Dialami Anak

Siapa tidak ingat, ketika kecil kalau mempunyai masalah pasti langsung bercerita kepada orang tua. Misalnya saat kamu berantem dengan temen sepermainan karena dijahili. Kamu akan cerita secara blak-blakan kepada mereka. Kamu akan meminta solusi dari mereka untuk menghadapi permasalahan dengantemenmu itu. Tapi tidak saat kamu dewasa, berbagi permasalahan kepada orang tua jarang dilakukan, kamu menjadi lebih nyaman bercerita kepada orang lain, dari teman, sahabat atau pacar. Hal ini sebenarnya membuat orang tuamu juga sedih, karena kamu terkesan lebih percaya kepada orang lain daripada mereka. walau seringkali kamu merasa takut karena jika bercerita akan dimarahi, namun sejujurnya menceritakan permasalahanmu kepada mereka adalah hal yang terbaik. Jika kedua orang tuamu marah itu sebenarnya tanda sayang mereka padamu. Mulailah dengan pelan-pelan dan biasakan bercerita kepada mereka, karena orang tua akan memberimu bantuan dan solusi sebagus mungkin, bahkan rahasiamu akan sangat terjamin dengan mereka. Tidak mungkinkan mereka sengaja membongkar rahasiamu di depan orang lain?

3. Bermanja-Manja

Anak dan Ibu Berpelukan
Anak dan Ibu Berpelukan

Saat masih anak-anak kita pasti seringkali minta dibuatkan hal-hal spesial atau minta dipeluk saat sedang bahagia atau sedih atau menemani berjalan-jalan. Namun saat dewasa, ini akan jarang terjadi. Terkadang anak akan malu memeluk kedua orang tuanya terutama di depan umum ataupun sekedar berjalan-jalan bersama. Ketika dewasa kita berpikir, “Masa udah gede kayak anak kecil saja jalan bareng orang tua! Malu ah!” Hal ini seringkali membuat orang tua pada akhirnya kangen juga suasana ini apalagi jika ditinggal merantau dan saat anak pulang kampung justru lebih asyik jalan-jalan sendiri daripada dengan mereka. 

4. Menonton Tv Bersama

Menonton Tv Bersama Keluarga
Menonton Tv Bersama Keluarga

Kedengarannya sepele, namun hal ini adalah hal yang cukup dirindukan orang tua tak kala anaknya dewasa. Kesibukan seringkali membuat anak sampai rumah memilih untuk langsung tidur atau bahkan pulang larut malam saat kedua orang tuanya sudah tidur. Padahal momen ini sangat bagus untuk meluangkan waktu mengobrol bersama sekaligus merekatkan hubungan keluarga sehingga tetap harmonis.

5. Makan Bersama

Makan Bersama Keluarga di Rumah
Makan Bersama Keluarga di Rumah

Wah ini bagi orang tua yang anak perantau sungguh sangat dirindukan. Kesibukan ketika dewasa baik sebagai mahasiswa maupun pekerja membuat sang anak seringkali memilih makan diluar daripada di rumah. Sehingga sampai di rumah anak akan berkata “Sudah makan diluar buk sama temen!” jadinya, sang ayah dan ibu makan berdua saja di rumah. Padahal kadang para orang tua rela nungguin anak mereka pulang agar bisa makan bersama lho dan tak jarang masakan favorit sang anak yang terhidangkan!

6. Memberi Kabar

Orang Tua Senang Ditelepon Anaknya
Orang Tua Senang Ditelepon Anaknya

Jika ketika kecil kita selalu memberi kabar kepada orang tua saat mau kemanapun pergi atau pulang terlambat nantinya, saat dewasa tidak banyak yang melakukan ini. Alhasil ayah dan ibu menjadi cemas di rumah, apalagi ditambah dengan telepon yang tidak bisa dihubungi. Khusus anak perantau ini akan menjadi hal lebih mencemaskan orangtuamu. Sudah tidak bertatap muka lama, telepon pun jarang atau bahkan tidak sama sekali. Satu panggilan teleponmu kepada mereka dalam sehari bisa jadi pengobat rindu mereka yang jauh disana lho!


Nah demikianlah hal-hal sederhana yang terkesan sepele yang dirindukan para orang tua yang anaknya sudah dewasa. Sebagai anak, kita jangan pernah lupa ya melakukan hal-hal sederhana ini walau tidak menjadi rutinitas karena kesibukan namun pasti bisa diluangkan ketika waktu senggang. Ingat, siapa lagi yang menjadi sumber kebahagiaan mereka kalau bukan kalian anak-anaknya?

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pertamina gelar pengobatan gratis di Sibolga

10 Tips Psikologi yang Akan Membuatmu Jadi Pusat Perhatian