Beranda Nasional 7 Kiat Sukses menjadi Pelajar Berprestasi

7 Kiat Sukses menjadi Pelajar Berprestasi

12
0
BERBAGI

Berprestasi! Sebuah kata yang benar-benar didambakan oleh seluruh pelajar bahkan mahasiswa-mahasiswa di seluruh dunia. Banyak hal yang dapat diartikan breprestasi. Mulai dari prestasi akademik sampai non akademik. Mereka berlomba-lomba bersaing untuk mendapatkan prestasi  di setiap jenjang pendidikan. Dari sekian banyak pelajar berprestasi  mereka mengaku ada kiat-kiat khusus yang dibutuhkan untuk mencapainya. Mau tau apa aja? Ini dia kiat-kiat sukses menjadi murid berprestasi.

7 Kiat Sukses menjadi Pelajar Berprestasi

1. Aktiflah di kelas!

    Tidak dapat dipungkiri bahwa aktif di kelas menjadi alasan penting untuk menjadi murid yang berprestasi. Aktif disini bukan hanya aktif dalam menjawab pertanyaan atau kuis yang diadakan. Namun, juga keaktifan dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat kita. Ini membuat otak dirangsang untuk berpikir secara kritis. Sehingga ilmu yang diserap juga semakin banyak. Dan jangan lupa bahwa aktif juga penunjang untuk menunjukkan pada guru atau dosen bahwa kamu cukup menguasai dan memiliki keingintahuan yang besar terhadap ilmu yang kamu pelajari.

    2. Mempelajari kembali materi yang diajarkan di sekolah, di rumah

      Pastinya gak semua orang memiliki kemampuan mengingat yang bagus. Nah, untuk kamu yang misalnya punya ingatan yang kurang bagus bisa coba untuk selalu mengulang pelajaran di rumah. Jadi kamu makin paham dan pastinya makin ingat dengan apa yang kamu pelajari.

      3. Membuat kelompok belajar

        Kelompok belajar adalah solusi yang bagus untuk kamu yang biasanya suka kurang paham akan pelajaran di kelas. Dalam suatu kelompok belajar kamu bisa saling bertukar ilmu dan pemikiran yang mana ini juga akan menambah wawasan kamu. Jadi kelompok belajar sangat penting untuk menjadi pelajar berprestasi.

        4. Buatlah catatan-catatan penting

          Biasanya ini dilakukan saat akan menghadapi ujian. Sangat oenting untuk kita punya catatan penting kecil yang bisa dibawa kemana-mana dan dengan bahasa kita sendiri maka akan semakin mengerti akan materi yang akan diujikan.

          Loading…

          5. Belajar di pagi hari

            metode belajar di pagi hari ini sangat dianjurkan karena di pagi hari otak masih sangat fresh untuk menerima banyak informasi dari apa yang kita pelajari. Biasanya ini sangat anjur untuk kamu yang tidak bisa begadang. Jadi caranya cukup bangun jam 04.00 atau jam 05.00 lalu belajar materi yang akan diujikan atau sulit kamu mengerti. Lalu belajarlah dengan tenang dan biarkan otakmu mengolah semua data yang kamu pelajari.

            6. Punya target dalam pencapaian prestasi

              Target untuk mencapai sesuatu itu penting. Karena setiap target yang kita ingin capai maka alam bawah sadar akan secara tidak langsung mendukung apa yang menjadi target kita. Pelajar yang berprestasi tentunya sudah memiliki target yang jelas untuk masa depannya.

              7. Mulailah mengajari teman lain

                Saat kamu diminta untuk mengajari temanmu salah satu pelajaran yang sulit di sekolah maka ajarilah. Karena dengan kamu mengajari mereka itu artinya kamu juga belajar. Kamu akan merasa harus bisa menjawab semua pertanyaan temanmu sehingga kamu belajar lebih banyak dari mereka. Ingat bahwa memberi ilmu artinya menambah ilmu yang kita punya.

                Nah, itulah beberapa kiat-kiat sukses untuk menjadi pelajar yang berprestasi. Prestasi dan karakter yang baik akan senantiasa membawa kita pada kesuksesan. Jadi semoga apa yang author tulis bisa berguna bagi orang lain. Selamat mencoba dan sukses luar biasa.

                Terimakasih telah membaca. Jangan lupa untuk like, follow dan share  yaa.

                Tags: Kiat, Sukses, Pelajar, Indonesia, Tips Berprestasi Di Sekolah

                Loading…