Beranda Nasional 800 Siswa Padangpanjang Adu Pintar

800 Siswa Padangpanjang Adu Pintar

270
0
BERBAGI

Besok, Bintang Sains Padang TV-UNP Digelar

Iven terbesar adu kecerdasan antarsiswa tingkat SD, SLTP hingga SLTA Bintang Sains Padang TV kembali digelar. Kali ini dihelat di Padangpanjang. Sekitar 800-an pelajar bertarung dalam ajang adu pintar tersebut.

Bintang Sains Padangpanjang digelar di aula SMAN 1 setempat dan dibuka Wali Kota Padangpanjang, Hendri Arnis Sabtu (4/2). Bersamaan dengan itu, digelar Pameran Kreativitas Siswa se-Kota Padangpanjang.

Acara yang dimulai pukul 09.00 ini dimeriahkan berbagai atraksi kesenian berupa tari, grafis, pantomin dan solo song. Sejumlah sekolah ambil bagian dalam unjuk kebolehan yang akan tayang dalam program X-Skul Padang TV.

Wali Kota Hendri Arnis menyatakan, siap menggelar berbagai iven generasi muda dan masyarakat guna menjadikan Kota Serambi Mekkah ini sebagai kota pendidikan dan destinasi wisata. Karena itu, dia meminta seluruh sekolah berpartisipasi aktif mengirim para siswa berprestasinya dalam ajang adu otak tersebut.

“Bintang Sains Padang TV sejalan dengan program kita di Padangpanjang. Semakin banyak iven-iven, tentu semakin produktif dan kreatif generasi muda kita.Apalagi iven semacam Bintang Sains, bisa menumbuhkan semangat berkarya dan berprestasi,” kata Hendri Arnis kemarin.

Hendri Arnis juga mengatakan, Bintang Sains dan Pameran Kreativitas siswa se-Kota Padangpanjang merupakan langkah baru dalam menumbuhkan minat dan keinginan siswa untuk lebih mengaktualisasikan diri mereka serta kesempatan bagi sekolah menyaring siswa berpotensi di sekolah mereka.

Bintang Sains Padang TV kali pertama digelar di Padangpanjang. Untuk itu, Hendri Arnis mengajak setiap siswa dari SD hingga SLTA betul-betul menyiapkan diri menghadapi Bintang Sains. “Rata-rata setiap sekolah mengirim 10 siswa terbaiknya,” tambah Kepala Dinas Pendidikan Padangpanjang, Desmon.

Persaingan diprediksi berlangsung ketat. Masing-masing sekolah telah mengutus para siswa terbaiknya guna melumat seluruh soal yang diberikan panitia. Ada pun mata pelajaran yang dilombakan adalah matematika, fisika dan biologi. “Setiap sekolah telah siap bertarung,” kata Desmon.

General Manager Padang TV, Rita Gusveniza mengatakan, soal-soal IPA dan matematika tingkat SD hingga SLTA disiapkan langsung para ahlinya dari dosen Universitas Negeri Padang.

“Kami terus berupaya memperbaiki kualitas Bintang Sains. Salah satunya dalam pembuatan soal-soal. Untuk itu, kami bekerjasama dengan UNP dalam pembuatan soal,” ucap Rita Gusveniza.

Rektor UNP, Prof Ganefri meyakini, Bintang Sains Padang TV-UNP bisa menjadi model bagi ajang-ajang sejenis di Sumbar. Ganefri optimitis iven semacam ini mampu menggairahkan dunia pendidikan di setiap daerah bila rutin digelar.

“Kami telah menyiapkan soal-soal yang diberikan pada peserta lomba. Ini bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat,” pungkas Prof Ganefri. (*)

LOGIN untuk mengomentari.