in

Alex Undang Pengusaha Investasi ke Sumsel

Tangerang, BP–Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menjadi pembicara pada acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (14/10). Orang nomor satu di Sumsel ini diundang khusus Kementerian Perdagangan untuk memperkenalkan potensi yang ada di Sumsel dalam ajang TEI Ke-32.

Saat melakukan presentasi di hadapan pengunjung TEI tersebut, mantan Bupati Musi Banyuasin dua periode ini meyakinkan bahwa Sumsel adalah provinsi yang paling maju di Indonesia pada saat ini.

“Sumsel punya banyak potensi, kita lihat sumber daya alamnya, separuh batu bara Indonesia, yaitu 48,35 persen ada di Sumsel, gas alam menerangi Singapura, dikirim ke Jawa dan Bali,” kata Alex dengan bangga.

Demikian halnya Minyak di Sumsel, sambung Gubernur Sumsel, sudah ada sejak jaman Belanda. Bahkan coalbed methane terbesar cadangannya di Indonesia, jadi sumber daya alam (SDA) yang luar biasa.

Alex juga memaparkan tentang sumber daya pertanian Sumsel yang tiap tahun surplus beras sebanyak 2, 5 juta ton. Belum lama juga, Presiden Jokowi berkunjung ke Palembang dan Presiden memutuskan agar potensi 500 ribu hektare lahan lebak akan dijadikan sawah dengan dua kali tanam. “Keputusan Presiden Jokowi itu karena lahan lebak di Sumsel airnya banyak,” ungkap Alex.

Indonesia ke depan, lanjut pelopor sekolah gratis itu tidak perlu lagi impor beras, tapi cukup dari Sumsel. Meskipun Sumsel kaya akan SDA, namun Sumsel masih memiliki beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi sehingga belum jadi provinsi nomor satu di Indonesia.

Menurut pendapatnya hal itu tak lain karena masih kekurangan infrastruktur. Sementara untuk membangun infrastruktur di daerah tidak mungkin menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sendiri, melainkan harus ada investasi masuk ke Sumsel.

“Kalau orang mau berinvestasi harus kenal dengan Sumsel, oleh karena itu kami harus promosikan Sumsel dan kami memilih melalui cabang olahraga, sampai saat ini sudah ada 38 event olahraga bertaraf Internasional telah bertanding di Sumsel,” promosi Alex.

Di akhir presentasi, Alex mengajak para pengusaha untuk terlibat berinvestasi di Sumsel. Apalagi kini Sumsel sedang membangun Special Economic Zone TAA, yaitu pusat industri skala besar dengan orientasi ekspor.

“Saya menjamin keamanan berinvestasi di Sumsel, karena di sana zero conflict tidak pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan umat beragama, buruh-buruhnya pun baik, demo ada tapi tidak akan anarkis,” pungkas Alex di akhir sesi talk show. #rio

What do you think?

Written by Julliana Elora

Polisi Amankan 35 Liter Tuak Kutacane

Camat ubah lahan tidur jadi buah-buahan