in ,

ANTARA Doeloe : Kota Bandung 1961 “kekurangan” wanita

Bandung, 18 Desember 1961 (Antara) – Kota Bandung kekurangan wanita 4.023 orang. “Defisit” djumlah wanita itu menurut “Antara”, ternjata sesudah diadakan “handsorting” berdasarkan atas tjajatan “moment-telling” dalam rangka sensus sekarang.

Daerah Kotapradja Bandung adalah satu-satunja Daerah Tingkat II di seluruh Daerah TK. I Djawa Barat (di Djawa Barat terdapat 23 Daerah TK. II), di mana djumlah penduduk laki-laki lebih banjak daripada djumlah penduduk perempuan.

Seperti diketahui, pada awal November jang lalu, telah berlangsung “moment-telling” dalam rangka sensus. Dalam Daerah Kotapradja Bandung terjtatat sedjumlah 966.359 djiwa penduduk (para anggauta angkatan bersendjata dan keluarganja tidak terhitung).

Baru-baru ini telah dimulai dengan “handsorting”, jaitu menjortir semua kartu dengan tangan dan ternjata dari jumlah penduduk Daerah Kota Bandung ada 485.191 orang laki-laki dan hanja ada 481.168 orang wanita.

Dalam tahun-tahun sebelum ada sensus, Kantor Tjatjah Djiwa Kotapradja Bandung selalu mentjatat kelebihan djumlah wanita.

Dari Bogor dikabarkan bahwa Daerah Kabupaten Bogor pun mem-punjai kelebihan penduduk laki-laki jaitu 9 orang.
Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2016

What do you think?

Written by virgo

Ini perbedaan Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus

Yonder dan XL hadirkan konten eksklusif Afgan “SIDES”