in

Bhabinkamtibmas Edukasi Pengamen Jalanan

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Nagari Sungaibuluh, Kecamatan Batanganai, Kabupaten Padangpariaman, melakukan penyuluhan dan pembinaan pada pengamen jalanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan ketertiban masyarakat dan kriminalitas.

Bhabinkamtibmas Nagari Sungaibuluh Aipda Mukhlis menyebutkan, dia mengajak para pengamen di seputaran rel kereta api Pasar Usang untuk sama-sama menjaga Kamtibmas. Ini bertujuan agar keberadaan pengamen tidak menganggu ketertiban dan keamanan lalu lintas.

Selain memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada pengamen, dia juga memberikan penyuluhan pada remaja. Penyuluhan yang diberikan tentang kenakalan remaja dan bahaya penyalahgunaan obat-obatan terlarang, narkoba dan minuman keras (miras).
”Tujuannya, agar remaja sebagai penerus bangsa dapat berperan aktif dalam membangun bangsa melalui kegiatan yang positif,” ungkapnya.

Tindakan kriminal berawal dari minuman keras. Di mana, pada saat mengkonsumsi miras hilang akal sehat dan bisa mengarah kepada perbuatan kriminalitas. ”Saya berharap pengamen dan remaja agar bisa mengendalikan diri supaya tidak terpengaruh dengan kenakalan remaja yang lagi tren,” ungkapnya.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi menambahkan, pengamen jalanan harus menjaga etika dan tidak menganggu penumpang bus ketika mengamen. ”Jadilah pengamen yang baik agar penumpang bus terhibur dan tergugah hatinya untuk memberikan sumbangan tanpa paksaan,” ujar Syamsi.

Diakuinya, penanganan dan pembinaan pengamen agak sulit. Tapi, jika dilakukan pendekatan secara kekeluargaan, semuanya berjalan lancar. Para pengamen melakukan kegiatannya dengan tertib. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Berkas Setnov Masuk Meja Hijau

Kerawanan Pilkada 2018