in

BI-Santun Aplikasi yang diluncurkan BI Kepri

tanjungpinang pos – Bank Indonesia (BI) perwakilan Kepulauan Riau telah meluncurkan aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat Aplikasi tersebut bernama BI Santun yang diluncurkan di Gedung BI Perwakilan Kepri.

BI Santun merupakan kepanjangan dari Bank Indonesia Sistem Aplikasi Tukar Uang. Aplikasi tersebut akan membantu masyarakat untuk melakukan pemesanan untuk penukaran uang. “ BI-Santun hadir untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat karena mempercepat dan mempermudah penukarang uang melalui bank,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putera.

Gusti mengatakan masyarakat dapat meminta order penukaran uang lewat aplikasi ini. Namun sebelumnya harus menentukan jumlah penukaran rincian pecahan yang diperlukan dan jam pengambilan ke bank kemudian akan ada 5 menu yang bisa Dipilih seperti menukarkan uang lusuh menjadi uang baru uang logam menjadi uang kertas atau sebaliknya atau membutuhkan uang pecah. ” Bisa dipilih dalam aplikasinya tinggal cantumkan berapa nominal yang akan ditukarkan,” jelas Gusti.

” sudah Ada 35 bank yang melayani masyarakat kasih order lewat aplikasi. Tak perlu lagi datang ke bank untuk mendaftar,” katanya. aplikasi ini juga akan diisi oleh informasi penting lainnya dari BI Contohnya informasi mengenai ciri-ciri uang palsu dan uang yang sudah tak layak edar lagi.

aplikasi ini Hanya diterapkan di Batam dan dapat diunduh di Play store (Android) untuk pengembangan daerah lain masih menunggu respon dari masyarakat Batam. “Sementara ini masih Batam kalau responnya bagus nanti bisa kita kembangkan ke Tanjung pinang Bintan Lingga Natuna dan lain-lainya,” jelas Gusti.

Dalam mengembangkan aplikasi ini BI bekerjasama dengan Fingerfast Laboratory-PT Global Teknologi Media Baru sebagai pengembangnya.

Direktur Fingerfast Ammar Satria mengatakan BI-Santun diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang Rupiah pada jenis apapun. Masyarakat yang ingin menukarkan uang diwajibkan memiliki akun terlebih dahulu dengan cara mendaftar pada aplikasi ini.

“Setelah user punya akun maka bisa mengatur jadwal tukar uang Rupiah pada terdekat yang terdaftar di aplikasi ini. Masyarakat tidak perlu antri lagi dan dapat kepastian dalam penukaran uang di mitra perbankan,” jelasnya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini maka bisa diunduh lewat Google Play Store.

What do you think?

Written by virgo

Dua Orang Meninggal Saat Hendak Antar jenazah

Pembangunan Kantor Bupati Anambas Di Pantau Kajari