Beranda Nasional Bireuen, Irwandi Yusuf – Saifannur dan Kampanye Balak 6

Bireuen, Irwandi Yusuf – Saifannur dan Kampanye Balak 6

287
0
BERBAGI
Dua rakan di DPRA, Darwati A Gani dan Fauziah, sedang memperagakan kode nomor urut 6

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Kemenangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah di Bireuen sangat telak. Jumlah suara yang diberikan pemilih di Bireuen untuk pasangan nomor urut 6 adalah 107.295 suara dari total suara sah 212.059.

Padahal, pada Pilkada 2012, Muzakir Manaf yang kala itu menjadi wakil dari Zaini Abdullah pernah mengalahkan Irwandi Yusuf di gampongnya, Bireuen. Zikir meraup suara hingga 57,54 persen, dan pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan yang hanya memperoleh 33.51 persen.

Apa yang menyebabkan Irwandi Yusuf kembali dicintai oleh orang kampungnya sendiri? Hanya pemilih yang tahu alasan sebenarnya. Tapi, beberapa faktor berikut menjadi alasan kasat mata yang menjadi penyebab Irwandi Yusuf kembali menang di Bireuen.

Dukungan Abu Tumin bisa jadi menjadi sebab pendongkrak perolehan suara Irwandi Yusuf di Bireuen. Kehadiran Abu Tumim di panggung kampanye Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah bukan sekedar melakukan peusijuk. Abu Tumin juga meminta kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk menyampaikan pesan berantai guna memilih pasangan nomor urut 6.

Posisi PNA yang berdiri netral di Pilkada Bireuen juga cukup membantu semua pemilih di semua pasangan calon yang ada di Bireuen untuk bebas memilih siapa saja, termasuk memilih Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah.

Persamaan nomor urut paslon Irwandi – Nova dengan paslon FAKAR yang sama-sama bernomor urut 6 juga memberi daya dorong tersendiri bagi kembali berjayanya Irwandi Yusuf di Bireuen.

Banyak dari timses paslon H. Saifan – Muzakkar yang melakukan kreatifitas bebas dengan mengatakan balak 6 atau Aceh 6, Bireuen 6. Momen 6-6 ini makin mengkristal ketika Sofyan Dawood menyuarakannya secara terbuka di panggung kampanye akbar Saifannur – Muzakkar, 11 Februari 2017.

Ajakan Sofyan Dawood untuk memilih 6 untuk Aceh dan 6 untuk Bireuen, yang disambut senyum oleh elit utama di Partai NasDem, Golkar dan Demokrat membuat warga yang mendukung Sasifannur – Muzakkar untuk tidak ragu lagi. Akhirnya, Saifannur – Muzakkar berhasil meraih 74.292 suara dan keluar sebagai peraih suara terbanyak untuk Bireuen, dan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah meraih suara terbanyak untuk Aceh.

Dua tokoh yang dahulu pernah berkerja sama dalam membangun Bireuen, kini akan kembali bertemu, salah satunya juga untuk membangun Bireuen. []

Komentar