in ,

Bupati Aceh Singkil Dukung Syekh Abdurrauf Jadi Pahlawan Nasional

ACEHTREND.CO, Singkil– Bupati Aceh Singkil Dulmusrid menilai Syekh Abdurrauf Al-Singkili layak diusulkan untuk mendapat gelar pahlawan nasional.

Penilaian ini disampaikan Dulmusrid di ruang kerjanya, Senin (15/01/2017), saat menerima Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Syekh Abdurrauf Al-Singkili menjadi pahlawan nasional.

Kelayakan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syekh Abdurrauf, kata bupati, selain karena Syekh Abdurrauf sosok ulama mumpuni dan bertaleta.

Juga beliau memiliki dedikasi yang tinggi dan berkonstribusi besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia bahkan mancanegera.

Dulmusrid mencotohkan, Syekh Abdurrauf beberapa ratus tahun lalu, telah berhasil menulis beberapa kitab dan menerjemahkan al-Quran ke dalam Bahasa Melayu.

Bahkan, murid-murid Syekh Abdurrauf ini, tambah bupati, sangat banyak dan menyebar ke seantero negara.

“Sosok keulamaan dan semua hasil karya Syekh Abdurrauf, sangat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas dalam upaya peningkatan harkat dan martabat bangsa. Jadi karena itu, layak kiranya beliau diusulkan menjadi pahlawan nasional,” ujar bupati.

Sementara Ketua tim peneliti, pengkaji,  gelar daerah (TP2GD), Ustaz H Rosman Hasmy kepada AceHTrend menjelaskan, untuk pengusulan Syekh Abdurrauf menjadi pahlawan nasional terlebih dulu harus dibentuk TP2GD yang di SK kan bupati.

Lalu tim ini, tambah Rosman, melaksanakan sidang-sidang dan mengeluarkan rekomendasi.

Selanjutnya, tim mencari, mengumpulkan referensi, dan menulis atau menyusun buku biografi Syekh Abdurrauf Al-Singkili.

Setelah itu, tim bekerja sama dengan instansi terkait membuat seminar internasional yang menghadirkan minimal enam pakar.

Kemdian tim membuat pengusulan kepada gubernur dan diteruskan kepada presiden untuk penetapan Syekh Abdurrauf Al-Singkil menjadi pahlawan nasional.

Tentunya hal ini, jelas Rosman Hasmy, setelah melampirkan rekomendasi hasil seminar, buku biografi, buku pendukung lainnya, dan makalah-makalah para pakar.

“Jadi proses pengusulan Syekh Abdurrauf Al-Singkili menjadi pahlawan nasional sangat panjang dan berliku. Karena itu tim harus bekerja serius dengan ditumpang semangat yang tinggi,” tutur Ustaz Rosman.

Menurut Rosman, pengabdian Syekh Abdurrauf As-Singkil menjadi Mufti Agung Malikul Adil di Kerajaan Islam Aceh Darussalam juga layak dilihat sebagai penentuan dijadikan Syekh Abdurrauf pahlawan nasional.[]

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hutan Aceh yang Kian Tergerus

Kerja Sama Pemerintah-DPR Diharapkan Kian Baik