in

Bupati Solsel Surati DPRD

Untuk Percepatan Penetapan RAPBD

Bupati Solsel Muzni Zakaria menyurati DPRD. Pasalnya, hingga kini belum adanya kejelasan agenda Badan Musyawarah (Bamus) DPRD menetapkan kelanjutan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Ranperda APBD) 2017.  

“Pihak eksekutif tidak dalam posisi menentukan jadwal pembahasan selanjutnya. Namun DPRD lah yang menentukan jadwal berikutnya. Dan, hari ini (kemarin, red), akan disampaikan surat ke DPRD untuk percepatan persetujuan pembahasan RAPBD 2017 demi kebaikan bersama,” ujar Bupati Muzni Zakaria, kemarin.

Muzni menyebutkan, belum adanya kesepakatan dalam penetapan Ranperda APBD, bukan karena adanya ketimpangan dalam pembangunan seperti rumor yang berkembang saat ini.

“Tidak benar adanya isu ketimpangan atau ketidakadilan pembangunan antardaerah di Solsel. Semua usulan sudah diakomodasi melalui proses perencanaan yang dimulai dari bawah,” ucapnya.

Sebelumnya juga sudah disepakati dan ditandatangani bersama antara eksekutif dan legislatif melalui Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2017.

Pihak eksekutif masih mengharapkan penetapan APBD 2017 tetap dilaksanakan dengan persetujuan DPRD melalui Peraturan Daerah (Perda) agar keharmonisan kedua belah pihak tetap terjaga.

“Kita akan mengikuti segala sesuatu terkait pembahasan anggaran sepanjang sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, kami tetap mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) APBD untuk antisipasi apabila pembahasan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebab, semakin lama penundaan, maka dampaknya semakin mengganggu program pembangunan yang sudah dirancang,” ujarnya.

Terpisah, anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Solsel, Dodi Nofrial mengatakan kemarin tiga pimpinan DPRD konsultasi dengan Mendagri terkait pembahasan APBD 2017. “Konsultasi ini dijadwalkan tiga hari ke depan, setelah itu akan secepatnya diagendakan,” ujarnya.

Konsultasi agar tidak ada tumpang tindih pembangunan nantinya saat pembahasan APBD 2017. Setelah pimpinan DPRD selesai konsultasi dengan Kemendagri, pihaknya segera mengagendakan Bamus guna percepatan pembahasan APBD 2017 agar secepatnya disahkan.

Sebelumnya, kata dia, pimpinan DPRD juga sudah konsultasi dengan Gubernur Sumbar. Wakil Ketua DPRD Solsel Armensyah Johan membenarkan sekarang tengah berada di Jakarta untuk bertemu Mendagri untuk konsultasi kelanjutan pembahasan APBD. 

“Untuk agenda Bamus ulang berkemungkinan Senin pekan depan akan dilakukan. Dalam hal ini percuma saya banyak bersuara karena keputusannya tetap suara terbanyak. Tapi secara pribadi saya berharap pembahasan APBD dibahas melalui Perda bukan Perbup,” tuturnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Aleix Vidal Seperti Terlahir Kembali

Unes Tawarkan Beasiswa ke Siswa Berprestasi