in

Capaian Kinerja Sumsel Sudah ‘On The Track’

Wagub Sumsel H Ishak Mekki

Palembang, BP

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki menyampaikan pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Selatan tahun 2016 dalam Rapat Paripurna XXIV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel, dengan agenda  penyampaian pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumsel (LKPJ) tahun 2016, serta dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus (pansus), di Ruang Rapat Paripurna DPRD provinsi Sumsel,  Selasa (4/4).

Rapat Paripurna XXIV dipimpin oleh H M Giri Ramandha N Kiemas. Hadir juga dalam kesempatan ini unsur pimpinan DPRD Sumsel, yakni Muhammad Yansuri, Nopran Marjani, Chairul S Matdiah, serta pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel.

Dalam laporannya Ishak menyampaikan, sesuai dengan tema tahunan 2016 yakni ‘Percepatan Pembangunan Infrastruktur Strategis’, Pemerintah Provinsi Sumsel telah dianggap berhasil dalam pencapaianya. Terbukti capaian pembangunan tahun 2016 pertumbuhan ekonomi  Sumsel berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan meningkat pada tahun 2016 menjadi Rp266,82 triliun, yang dimana pada tahun 2015 berjumlah Rp254,04 triliun, atau tumbuh 5,03% meningkat dari tahun sebelumnya 4,42% dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional 5,02%.

Lebih lanjut lagi, Ishak menguraikan, inflasi di Sumsel tahun 2016 mencapai angka 2,95%, di tengah naiknya beberapa harga kebutuhan pokok, Sumsel dapat menekan laju inflasi dibawah angka 5%.

“Tentunya hal ini merupakan suatu pencapaian yang patut disyukuri, dalam hal ini Pemprov Sumsel ucapkan terima kasih dan penghargaan penuh kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah,” katanya.

Sedangkan untuk tingkat pengangguran terbuka menurun secara signifikan menjadi 4,31%, semula pada tahun 2015 sebanyak 6,07%. Hal ini membuktikan pembangunan di Sumsel telah berhasil memperluas kesempatan bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masih Ishak, secara umum capaian kinerja Sumsel sudah on the track, bahkan ada indikator yang telah melampaui target. Pembangunan infrastruktur strategis di Sumsel merupakan yang terbesar di Indonesia, infrastruktur strategis  tersebut meliputi, light rail transit (LRT), pembangunan jalan Tol Palembang-Inderalaya, pembangunan fly over, pembangunan jembatan Musi IV dan VI.

“Artinya hasil-hasil pembangunan di Sumsel tidak hanya dinikmati sebagian kecil masyarakat, melainkan seluruh masyarakat dari segala lapisan,” kata Ishak.

Setelah itu DPRD Sumsel membentuk lima pansus guna membahas dan meniti laporan pertanggungjawaban Gubernur Sumsel 2016 tersebut dari tanggal 5 April sampai 18 April.

Ketua DPRD Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas mengatakan rapat paripurna ditunda hingga  19 April guna mendengarkan laporan pansus-pansus.#osk

What do you think?

Written by virgo

Sriwijaya FC Masih Siapkan Kejutan

Puluhan ribu warga belum miliki KTP-e