in

Catat! Ini Waktu Terbaik Buat Ngopi

Catat! Ini Waktu Terbaik Buat Ngopi

 

Siapa yang tak suka kopi? Hampir semua orang kini menggemari minuman hitam pekat ini.

Apalagi ngopi alias minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Terbukti dengan bertebarannya kedai-kedai kopi di banyak kota, dengan pelanggan dari berbagai segmen usia, pendidikan dan profesi.

Kopi memang diyakini berbagai kalangan mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan konsentrasi dan menambah energi, karena kandungan kafein di dalam kopi.

Selain itu sejumlah penelitian juga menyimpulkan bahwa meminum kopi dalam batas wajar bisa melindungi jantung, menjaga liver tetap sehat, hingga membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Namun meminum kopi ternyata tidak dianjurkan setiap saat. Dari segi medis, sekitar pukul 10.00 dan pukul 14.00-17.00 menjadi waktu terbaik untuk menikmati minuman istimewa tersebut.

Sebab mulai pukul 08.00-09.00, pukul 12.00-13.00, serta pukul 17.30-18.30 adalah saat-saat dimana tubuh melepaskan hormon kortisol, agar tubuh tetap terjaga. Asupan kafein justru menurunkan stimulasi hormon tersebut, serta berpotensi mengacaukan jam alami tubuh.

Di luar jam-jam tersebut kandungan kortisol sedang menurun. Jadi kafein yang terkandung dalam kopi pun relatif aman bagi tubuh. Belum lagi jika kita meminumnya saat bangun pagi dan belum sarapan. Niscaya lambung kita akan bermasalah.

Sekadar tahu saja, kortisol itu berperan dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi. Hormon ini juga berguna sebagai stres.

Nah, jangan sampai ngopi mengganggu kesehatanmu ya. Selamat menyeduh secangkir kopi favorit.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Tabrakan Bus dan Truk, 10 Tewas

Hidup Sederhana, Ternyata Kekayaan Artis Ini Selangit Melebihi Artis Yang Suka Pamer Harta