in

Cornelia Agatha tertantang jadi pelacur di “Opera Ikan Asin”

Jakarta (ANTARA News) – Aktris Cornelia Agatha kembali terlibat dalam pementasan Teater Koma. Kali ini pemeran Sarah dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” itu melakonkan Yeyen dalam “Opera Ikan Asin”.

“Saya memerankan seorang pelacur dan pencuci gelas. Yang menarik di sini bukan sisi sensualitas, tapi kepahitan hidupnya yang harus saya perankan. Karakternya cukup berat,” ujar Cornelia dalam temu media di Jakarta, Kamis.

“Tokoh Yeyen bukan pecicilan. Sejak awal dia muncul memang terlihat ada problem dalam dirinya. Sedikit cool, tapi juga cukup ekspresif, emosional juga tapi terukur,” sambung dia.

Untuk dapat memerankan sosok Yeyen dengan baik, Cornelia bahkan menonton pementasan para aktris yang memerankan Yeyen dalam berbagai versi “Opera Ikan Asin”.

“Saya tonton semua, yang orang Jerman, orang Amerika, saya lihat bagaimana mereka membawakannya, tapi tentunya ada unsur Indonesia. Saya bawakan dengan gaya saya tapi benang merahnya sama,” kata Cornelia.

“Opera Ikan Asin” disadur dari lakon “The Beggar’s Opera” karya John Gay dan musik J.C. Pepusch yang dipentaskan tahun 1728 di London.

Lakon tersebut juga dipentaskan pertama kali di Jerman dengan judul “Die Dreigroschenoper” atau “The Threepenny Opera” karya Bertolt Brecht di Theater am Schiffbauerdam, Berlin pada 31 Agustus 1928.

Tidak hanya pendalaman karakter Yeyen, tuntutan untuk dapat berakting sambil bernyanyi juga menjadi tantangan terbesar bagi Cornelia dalam lakon yang pernah yang pernah dipentaskan Teater Koma pada 1983 dan 1999 itu.

“Bukan sekedar bernyanyi, tapi juga bercerita, ekspresi harus muncul. Menyanyinya Harus dengan hati, tidak sekedar bernyanyi,” ujar Cornelia.

“Lagunya sukar, nadanya tidak bisa ditebak tapi enak, bisa dinikmati, tapi susah dinyanyikan. Apalagi harus bernyanyi sesuai dengan karakter yang dibawakan,” lanjut dia.

Lebih lanjut, untuk dapat mengusai 3 sampai 4 lagu yang akan dia nyanyikan, Cornelia mengaku berlatih dua bulan lebih.

“Lagu “Aku lah Yeyen” yang saya nyanyikan sendirian itu yang paling susah. Di rumah, bangun tidur, mandi, makan, di mobil saya nyanyi terus, orang di sekitar saya sampai hapal,” kata dia.

“Setiap latihan mau masuk adegan apa saja rileks, tapi begitu lagu itu tangan keringat dingin, stres,” tambah dia.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

Rampok Warga Bengkalis Rp214 Juta, Dua Warga Pelalawan Ini Akhirnya Tertangkap

Tenun Baduy tampil di “London Fashion Week”