in

Dilanda Berbagai Musibah, Aceh Belum Miliki SOP Bencana

Pelaksana Gubernur Aceh Soedarmo mengatakan pihaknya berencana untuk menyusun SOP kebencanaan dan segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

“Mungkin dulu belum terpikirkan untuk menyusup SOP jadi sekarang akan kita mulai. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan yang terbaik,” sebutnya.

Sementara itu, ribuan warga bersama para pejabat Aceh menziarahi dan larut dalam zikir serta doa di kuburan massal Ulee Lheue. Terdapat 14.264 jasad disemayamkan secara massal di tempat tersebut.

“Saya ikut berdoa karena yakin orangtua dan adik-adik saya dimakamkan di sini,” ungkap Rahmi Soraya, warga Punge Jurong, Banda Aceh.

Puncak peringatan 12 tahun tsunami Aceh dipusatkan di Masjid Baiturrahim. Masjid tersebut merupakan satu-satunya infrastruktur yang masih berdiri saat tsunami melanda meski hanya berjarak 100 meter dari Pantai Ulee Lheue.

Bencana tsunami di Aceh terjadi pada 26 Desember 2004 dengan merenggut sekitar 280 ribu jiwa ditambah seluruh infrastruktur di Banda Aceh dan Meulaboh rusak.

Setiap perkantoran pemerintah dan swasta hingga rumah masyarakat terlihat mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang untuk mengenang kejadian tersebut.

Berbagai kabupaten dan kota di Aceh juga ikut terlibat. Di Pasi Rawa, Kecamatan Kota Sigli, misalnya, warga menggelar zikir dan doa bersama pada Minggu (25/12) malam.

Ribuan warga Meulaboh, Sinabang, dan Calang melakukan kenduri dan santunan anak yatim. Terkait dengan peringatan 12 tahun gempa dan tsunami, para nelayan di Aceh juga tidak melaut karena sudah menjadi aturan adat.

“Kalau ada yang melanggar, akan dikenai sanksi tidak boleh melaut selama tiga hari bahkan alat tangkap ikan bisa disita,” ujar Panglima Laut Wilayah Aceh Besar, Baharuddin.

Sejumlah objek wisata tsunami ikut ramai dikunjungi seperti Museum Tsunami, PLTD apung, monumen kapal di atas rumah, Masjid Baiturrahim, Escape Building dan sejumlah lokasi lainnya.

Pengunjung antara lain dapat melihat ratusan koleksi foto tentang gempa tsunami yang dipamerkan Media Group di Museum Tsunami.

What do you think?

Written by virgo

Jokowi Target Pembangkit Panas Bumi Capai 7.500 MW

Tidak Perlu Bingung Mengerti Perasaan Orang Lain, Inilah ciri Sederhana Orang Yang Sedang Cemas