in

Download Panduan Lengkap Penilaian Pendidikan Karakter Di SD Dan SMP

Baca Juga

Berikut ini adalah link Download Panduan Lengkap Penilaian Pendidikan Karakter Di SD Dan SMP,  Penilaian program PPK dilakukan di unit sekolah dilakukan secara berkesinambungan, komprehensif, objektif, jujur dan transparan, serta melibatkan para pemangku kepentingan pendidikan yang relevan. Secara berkesinambungan berarti proses penilaian dilakukan secara rutin, reguler, dan terencana dengan baik. Objektif berarti proses penilaian dilakukan sesuai dengan data dan fakta. Jujur berarti proses penilaian dilakukan dengan mengutamakan nilai-nilai kebenaran, tidak memanipulasi data dan fakta. Transparan berarti proses penilaian dapat diverifikasi oleh pihak-pihak lain dan dilaporkan kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan.
Panduan Lengkap Penilaian Pendidikan Karakter Di SD Dan SMP
Indikator keberhasilan penilaian PPK dilakukan dengan mengacu pada kriteria pengembangan pendidikan karakter utuh dan menyeluruh berdasarkan proses pengembangan dari tahap awal sampai evaluasi. Karena itu, pada tahap awal, sekolah diminta membuat penilaian awal (asesmen awal) pada tahap persiapan untuk menilai titik awal kondisi lembaga pendidikan sebelum diadakan PPK. Kondisi awal ini perlu dipetakan untuk melihat perkembangan-perkembangan yang ada setelah program PPK diterapkan.
Penilaian keberhasilan PPK dilakukan secara internal yang melibatkan pemangku kepentingan (kepala sekolah, guru, wali murid, dan komite sekolah) dan secara eksternal dapat dilakukan oleh pihak-pihak dari luar sekolah yang memiliki kepentingan bersama untuk menyukseskan pelaksanaan Gerakan PPK di sekolah, misalnya tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Dinas Pendidikan, dan pengawas.
Penilaian dilakukan dengan mendasarkan diri pada Panduan Penilaian PPK. Panduan Penilaian PPK merupakan indikator minimal yang merepresentasikan tata cara pengelolaan dan implementasi PPK sesuai dengan prinsip-prinsip implementasi PPK. Panduan Penilaian PPK dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai acuan untuk mengembangkan penilaian PPK di sekolah.
Silahkan download Panduan Lengkap Penilaian Pendidikan Karakter Di SD Dan SMP melalui link di bawah ini : 
Demikian dan semoga bermanfaat. 


What do you think?

Written by Julliana Elora

Keterangan Pers Presiden RI Terkait Pengelolaan Blok Masela, Istana Negara, 19 Juli 2019

Tiang Listrik Tumbang di Abdya, Seorang Warga Korban