in

Gawat, 10 jenis makanan ini bikin kamu jadi pikun

Gawat, 10 jenis makanan ini bikin kamu jadi pikun

Apa kau merasa mudah lupa dan susah konsentrasi? Itu artinya gaya hidupmu perlu dirubah. Tidak hanya kebiasaan sehari-hari tetapi juga pola makan. Tanpa kita sadari sebenarnya ada makanan-makanan yang dapat menurunkan konsentrasi dan membuat kita menjadi mudah lupa.

1. Tuna

Tuna memang baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega 3, namun sayangnya ikan ini juga mengandung logam berat merkuri. Menurut studi dari journal integratif medicini orang yang mengkonsumsi lebih dari 3 porsi ikan seperti ikan tuna, kerapu dan kakaptiap minggu atau lebih dari 4 porsi per bulan dapat beresiko mengalami penurunan kognitif. Contoh makanan laut yang rendah merkuri diantaranya salmon, sarden dan ikan putih.

2. Tahu 

Kontrovesi tahu semakin meningkat dengan dikeluarkannyahasil penelitian journal dementia and geriatric cognitive disorder. Peneliti menemukan hubungan antara asupan tahu yang tinggi sebesar 9 kali  atau lebih setiap minggu dengan resiko kognitif dan kehilangan memori. Peneliti menduga kandungan phytoestrogen dalam tahu yang mempengaruhi fungsi kognitif otak.

3. Popcorn mikrowave

Popcorn banyak mengandung lemak trans. Padahal lemak trans sangat berbahaya bagi tubuh, lemak trans dapat meningkatkan lapisan dan peradangan di pembuluh darah yang berakibat membahayakan jantung. Selain itu lemak trans juga buruk bagi otak. Konsumsi lemak trans dapat mengakibatkan penyusutan otak yang agak mirip dengan penyusutan otak yang disebabkan penyait alzheimer. Ini disebabkan lemak trans perlahan merusak arteri.

4.Agave

Agave adalah pemanis yang mempunyai kadar fruktosa yang tinggi. Inilah penyebab agave  lebih manis daripada gula pasir. Sayangnya kadar fruktosa yang tinggi juga berpengaruh buruk bagi otak.  Melalui hasil penelitian university of california terhadap tikus yang diberikan kadar fruktosa dalam jumlah tinggi menunjukkan bahwa tikus tersebut menjadi lebih lambat dan mempunyai ingatan yang lebih rendah daripada tikus yang diberi makanan yang mengandung omega 3

5. Sodium

Sebuah studi menemukan bahwa asupan sodium dalam jumlah banyak dapat berakibat pada penurunan kemampuan kognitif. Penelitian di lakukan di kanada mengenai aktifitas fisik dan konsumsi sodium. Peserta terdiri dari 1262 orang berusia 67 hingga 84 dibagi menjadi 3 grup yaitu asupan sodium rendah, menengah dan tinggi.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat konsumsi sodium yang tinggi dan aktivitas fisik yang rendah mengalami penurunan kognitif. Namun efek negatif  sodium dalam otak dapat dihindari dengan olahraga yang teratur.

6. Makanan cepat saji

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang sering mengkonsumi makanan  cepat saji yang kaya akan lemak  dan gula memiliki iq yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi makanan rumah yang bernutrisi.

7. Biskuit dan keripik

Orang yang memakan camilan tidak sehat lebih dari tiga kali seminggu seperti permen, keripik dan biskuit dapat membuat kemampuan konsentrasi dan perhatian yang menurun serta penurunan kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena camilan-camilan tadi mengandung banyak lemak dan gula yang dapat menurunkan perhatian dan kewaspadaan.

8. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Kurangnya asupan karbohidrat baik bahkan hingga nol dapat mengganggu mood hingga merusak kinerja otak.

9. Lemak jenuh

Lemak jenuh selain dapat menyumbat arteri jantung juga dapat merusak daya ingat seseorang. Hasil oksidasi lemak jenuh dapat menyebabkan lemahnya sel-sel otak. Semakin tinggi lemak jenuh yang dikonsumsi semakin lemah kerja otak. Oleh sebab itu batasi penggunaan lemak jenuh.

10. putih telur

Putih telur memang kaya protein tetapi jika anda tidak memakannya dengan kuning telurnya maka anda akan kehilangan nutrisi pentng yaitu kolin.

 

 

 

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Meski berhasil tundukan PS TNI, Semen Padang tetap terdegredasi

Kondisi mushaf Al Quran memprihatinkan