Beranda Nasional Gubernur Sumsel inginkan SDM berkualitas lahir melalui perguruan tinggi

Gubernur Sumsel inginkan SDM berkualitas lahir melalui perguruan tinggi

9
0
BERBAGI

Palembang (ANTARA) – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menginginkan sumber daya manusia yang berkualitas dilahirkan melalui perguruan tinggi yang ada di daerah ini.

Sumsel butuh SDM yang tercetak melalui berbagai lembaga pendidikan yang ada di daerah ini, kata Gubernur usai meresmikan Universitas Sumatera Selatan di Palembang, Senin.

Apalagi Sumsel memiliki potensi yang besar dan itu harus dikelola melalui SDM yang berkualitas.

“Kita butuh teknologi dalam mengelola sumber daya yang ada. Kita juga butuh SDM yang paham potensi daerah dan cara pengelolaannya berdasarkan ilmu yang didapatkannya” katanya.

Sehubungan dengan itu para intelektual harus berkemampuan mengajak para pelaku peternak, petani sayur dan ikan untuk membentuk sebuah usaha yang bukan hanya sekedar penghasilan tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan ekonomi daerah.

Dia menjelaskan, kehadiran Universitas Sumatera Selatan yang memiliki berbagai fakultas sesuai dengan potensi daerah yang ada di Sumsel, di antaranya yaitu perikanan, pertanian, dan komputer.

Oleh karena itu, perlu diadakan perjanjian kerja sama atau MoU dengan Universitas Sumsel untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah maupun instansi pendidikan.

Berdirinya Perguruan Tinggi ini harus segera didukung dengan penandantangan kesepatakan (MoU) dengan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota di Sumsel.

“MoU diutamakan pada daerah dengan potensi pertanian dan peternakan. Saya berharap MoU ini dapat membangun citra pertanian dan perternakan,” ujarnya.

Bukan itu saja tetapi Sumsel membutuhkan para ilmuan dan melalui pendirian universitas ini, maka diharapkan akan membantu mengangkat citra Sumsel sebagai lumbung pangan.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, Irsan Aras, berharap universitas dapat berperan dalam pengembangan pendidikan yang berorientasi di dunia usaha maupun industri.

“Mari kita wujudkan Universitas Sumatera Selatan berperan untuk memberi pelayanan pendidikan yang terbaik sesuai Tri Dharma Universitas,” ujar dia.

Selain itu Universitas Sumsel diharapkan dapat menjalankan program reformasi birokrasi dengan cara dan bentuk layanan yang sesuai peraturan yang ada.

Rektor Universitas Sumatera Selatan masa jabatan 2019/2023 berdasarkan informasi dijabat Prof Dr H Mahyuddin, NS, SP.OG.