Beranda Nasional Gubsu Minta Jamaah Haji Doakan Sumut

Gubsu Minta Jamaah Haji Doakan Sumut

145
0
BERBAGI

HajiGubernur Sumut HT.Erry Nuradi bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis, melepas keberangkatan jamaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Medan di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat [28/7] (beritasore/suef)

MEDAN ( Berita ) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas keberangkatan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Medan Tahun 1438/2017 M di Asrama Haji Medan, Jumat (28/07).
“Saya ucapkan selamat jalan para jamaah dan petugas haji yang mendampingi. Kami titip, doakan agar Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan agar tetap dalam suasana kondusif, aman dan damai. Kita bisa hidup berdampingan dengan beragam suku dan agama yang ada,” ucap Erry.

Hadir dalam kesempatan itu diantaranya Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, Wakil DPD RI Prof Darmayanti Lubis, Ketua MUI Sumut Abdullahsyah, Wali Kota Medan Dzumi Eldin, Ketua MUI Kota Medan Prof Hatta dan Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin.

Selanjutnya, Erry berharap para Calhaj benar-benar memanfaatkan momentum pelaksanaan rukun Islam kelima itu dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan senantiasa bersyukur dan juga bersabar terhadap sejumlah cobaan selama berada di tanah suci.

“Ibadah haji ini termasuk ibadah fisik. Apalagi disana perubahan cuaca cukup ekstrim dibandingkan ditempat kita. Untuk itu perlu bagi kita untuk senantiasa bersyukur dan bersabar dalam menghadapi setiap cobaan yang ada,” ujar Erry.

Sebagai orang-orang pilihan bagi tamu Allah, lanjut Erry, para jamaah haji dari Sumut khususnya dapat menjadi duta Indonesia yang mengedepankan kesantuan dan lebih baik dari pada jamaah haji yang berasal negaran lain.

Erry juga menceritakan bahwa, kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu maka kuota haji untuk Sumut dan Indonesia sudah kembali normal dan malah meningkat. Jika tahun lalu kuota calhaj Embarkasi Medan sekitar enam ribuan, tahun ini mencapai delapan ribuan.

“Kuota haji kita sempat terpotong dan Alhamdulillah kini kembali normal dan malah lebih meningkat. Begitupun kalau sekarang kita mendaftar haji dan membayarnya maka 13 tahun lagi kita baru berangkat. Oleh karenanya bapak ibu adalah orang-orang terpilih dan semoga mendapatkan predikat Haji dan Hajjah Mabrur,” tutur Erry.

Sementara, Kakanwil Kemenag Sumut yang sekaligus sebagai Ketua PPIH Embarkasi Medan Tohar Bayoangin mengatakan bahwa jumlah waiting list (daftar tunggu), jamaah haji Provsu sampai tanggal 27 Juli 2017 sebanyak 104.125 orang dengan masa tunggu 13 tahun.

Dikatakan Tohar, direncanakan Embarkasih Medan memberangkatkan sebanyak 8.461 orang dengan rincian jamaah haji 8356 orang, TPIH 21orang, TPIHI 21 orang dan TKHI 63 orang. Jumlah jamaah embarkasi Medan lanjut Tohar terdiri dari 21 Kloter penuh dan kloter 22 sebanyak 195 jamaah direncanakan akan bergabung dengan jamaah Provinsi Aceh.

Untuk kloter 01 yang akan berangkat menggunakan Pesawat Garuda Boeing 777 seri 300 sekitar Pukul 07.45 wib dengan membawa 389 penumpang yang terdiri dari 352 jamaah asal Medan, 24 jamaah asal Deliserdang, 4 jamaah asal Labuhan Batu, dan 9 orang petugas.

“Untuk kloter pertama ini ada dua orang sakit dan menunda keberangkatannya yaitu Dra Azwani Lubis bt Abdul Aziz Lubis dan Narsiyem Asmar Wirajib bt Asma Wiraji. Karena istrinya sakit, suami dari kedua jamaah ini yakni Holland Suhunan dan Dugel Mindi Midi juga menunda keberangkatannya. Jadi yang batal berangkat sebanyak empat orang,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Iskan Qolba Lubis mengatakan bahwa pemerintah bersama DPR berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji. Upaya yang dilakukan diantaranya rasionalisasi biaya haji atau BPIH dimana tahun ini mengalami penurunan sekitar Rp132 dolar atau sekitar Rp1,7 juta.

Selain itu beberapa hal lainnya agar jamaah nyaman melaksanakan ibadah haji yakni ditempatkan dipemondokan yang fasilitasnya setara bintang V. Peningkatan pelayanan juga dengan ditambahnya jumlah makan di Makah yang sebelumnya 24 kali menjadi 25 kali. Selain itu lanjut Iskan tenda-tenda yang ada di Arafah semuanya dalam kondisi baru lengkap dengan pendinginnya (AC).

“Hal ini bentuk komitmen DPR dan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan haji agar jamaah bisa berbidah dengan nyaman. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua elemen yang mensukseskan ibadah haji termasuk Gubernur, Kapolda dan elemen lain,” tuturnya.(suef)