in

H Wen Siap Lawan Incumbent

Pilkada Padang 2018 bakal jadi ajang kontestasi politik yang menarik. Banyak nama telah mengapung dan bisa dijadikan pilihan partai politik untuk diusung.

Namun, sejauh ini banyak calon yang dinilai hanya siap jadi pendamping incumbent sebagai calon wakil wali kota. Menyikapi kondisi tersebut, belakangan muncul nama anggota DPR RI dari Partai NasDem Endre Saifoel yang disebut-sebut juga bakal turun gunung ke Padang mencalonkan diri jadi wali kota dan siap jadi penantang incumbent.

Endre dinilai potensial karena sudah memiliki massa pemilih. Pada Pemilu lalu, dia berhasil terpilih ke DPR RI ketika bertarung di daerah pemilihan Sumbar I meliputi 11 kabupaten/kota; Padang, Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanahdatar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Solok, Kota Sawahlunto dan Kota Padangpanjang. 

Selain itu, dia sudah membentuk Garda Pemuda NasDem beranggotakan sekitar 250 orang remaja yang disiapkan sebagai kader pemimpin NasDem ke depan. Kemudian, punya jaringan luas di pusat. Meski lahir di Muara Kalaban Sawahlunto, tapi dia sekolah dan besar di Padang.

Bahkan, kini menjabat Ketua Umum Ikatan Alumni SMA 3 Padang (Ikasmantri). Di Padang, dia berhasil menggaet bantuan dari pusat untuk pembangunan jembatan yang ambruk di Bungus Telukkabung, dan bantuan sejumlah fasilitas sekolah.

Pengamat Politik dari Universitas Andalas Padang Asrinaldi mengatakan, sejauh ini dari pengamatannya H Wen memiliki jiwa sosial tinggi. Namun, untuk maju di Padang, butuh kerja keras dengan waktu yang tersisa saat ini.

Apalagi gerakannya di media massa, media sosial dan media luar ruangan belum terlihat menonjol. ”Sah-sah saja jika H Wen maju di pilkada sebagai calon wali kota. Namun, butuh kerja keras. Selain itu, dia siap atau tidak mundur dari DPR RI,” kata Asrinaldi.

H Wen ketika dikonfirmasi Koran ini mengatakan sejauh ini belum ada obsesi untuk maju. Namun, demikian dia menegaskan siap maju, jika ada dorongan masyarakat dan keputusan partai atau kesepakatan koalisi partai. “Belum ada keputusan untuk maju di Padang. Kecuali, jika ada dorongan masyarakat dan perintah partai, saya siap,” tegasnya, kemarin. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

(QS. An Nahl: 81

Tiga Universitas di Indonesia Masuk 500 Besar Terbaik Dunia