in

Hainan Disiapkan Jadi Pelabuhan Perdagangan Bebas

BEIJING – Tiongkok menyiapkan Pulau Hainan sebagai pelabuhan perdagangan bebas pengganti Hong Kong yang terus direcoki oleh Amerika Serikat. Beijing telah meluncur­kan paket kebijakan khusus untuk Hainan, termasuk meng­hapus bea impor. Beijing juga telah menurunkan tarif pajak penghasilan untuk individu dan perusahaan terpilih menjadi 15 persen, dan melonggarkan persyaratan visa untuk turis dan pelancong bisnis di pulau seluas 34.000 km persegi itu.

Provinsi pulau berpenduduk 9,5 juta jiwa ini juga akan menikmati kebebasan dalam hal perdagangan, investasi, aliran modal, dan pergerakan orang. Pulau ini akan ber­gerak menuju menjadi pusat pengaruh internasional yang kuat pada pertengahan abad ini.

Proyek untuk membuat Hainan, yang mencakup area seluas 30 kali dari Hong Kong , menjadi pusat perdagangan, perbelanjaan, dan pengiriman regional ini telah direncana­kan, diatur dan dipromosikan oleh Presiden Xi Jinping se­cara pribadi sejak April 2018. Saat itu, Xi mengumumkan bahwa pulau yang juga jadi tujuan liburan populer ini akan dijadikan zona perdagangan bebas terbesar di negara itu.

“Bahkan, pemerintah Hainan telah mengirim delegasi ke Hong Kong, Singapura, dan Dubai untuk mempelajari praktik perdagangan bebas,” tegas Presiden Xi.

Cetak biru terperinci juga telah dirilis saat ancaman de­coupling antara ekonomi AS dan Tiongkok tumbuh, dan ketegangan antara kedua negara meningkat di berbagai bi­dang di luar perdagangan.

AS mengatakan berencana untuk melepaskan status per­dagangan khusus Hong Kong pekan lalu setelah Beijing ber­gerak dengan rencana untuk memberlakukan undang-un­dang keamanan nasional baru di pusat keuangan Asia ini.

Penghapusan penunjukan ini dapat berarti ekspor Hong Kong akan dikenakan tarif AS yang sama dengan Tiongkok daratan dan mengancam status pelabuhan kota dan bisnis reekspor, yang telah mendapat manfaat dari bea masuk yang rendah dalam perdagangan dengan AS.

Meskipun tidak ada menyebutkan Hong Kong atau Singa­pura, jelas Beijing sedang meniru beberapa kebijakan yang telah membuat negara-negara tersebut sukses. Termasuk tarif pajak penghasilan dibatasi sebesar 15 persen yang jauh lebih rendah daripada Tiongkok daratan dan lebih dekat ke tingkat 17 persen yang diberlakukan di Hong Kong.

Tujuan Wisata

Dengan luas 34 ribu kilometer persegi, Hainan selama ini telah menjadi salah satu tujuan wisata di Tiongkok. Hainan sering dijuluki Hawaii-nya Tiongkok karena uda­ranya tropis dan berbeda dari Tiongkok daratan.

Meskipun Tiongkok adalah negara komunis, mereka serius membangun pariwisata di Hainan. Tata Kota Hainan cukup rapi. Menurut data dari WTTC, Hainan memang membuat wilayahnya untuk dijadikan destinasi wisata in­ternasional. Pemerintah setempat berkaca pada sejumlah wilayah tropis dengan keindahan pulau sebagai atraksinya, seperti Hawaii dan Bali. n SCMP/P-4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Berkostum Super Hero, Anggota TNI Kodim 0402OKI/OI Sosialisasi Protokol Kesehatan

Stimulus APBN Harus Mencegah Terjadinya “Moral Hazard”