in

Indonesia-Argentina Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

BOGOR – Pemerintah Indonesia dan Argentina sepakat meningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menggelar jumpa pers bersama Presiden Argentina, Mauricio Macri, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

“Ini adalah kunjungan pertama kalinya Presiden Macri ke Indonesia. Kami sudah pernah bertemu di saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Guangzho. Kali ini kami bertemu kembali menjelang KTT G20 di Osaka. Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan dalam pertemuan bilateral, kedua negara juga telah membahas berbagai upaya penyeimbangan perdagangan. Bahkan, pemerintah Indonesia juga telah menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia.

“PT DI (Dirgantara Indonesia) menawarkan pesawat. PT GMF (Garuda Maintenance Facility) menawarkan kerja sama dalam jasa pemeliharaan. PT Inka menawarkan produk lokomotif dan gerbong yang berstandar internasional,” ucap Jokowi yang mempersilakan Presiden Macri untuk berdiskusi dengan pimpinan PT DI dan PT Inka agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Selain itu, lanjut Jokowi, perlunya dibuka komoditaskomoditas pertanian Indonesia yang bisa masuk ke Argentina, baik itu berupa salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya. “Untuk itu, kita mendorong langkah-langkah untuk mendekatkan pengusaha kita, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia,” jelasnya.

Sebagai sesama negara agraris, Jokowi mengaku melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Sebab itu, ia menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia.

Dua Arah

Sementara itu, Presiden Argentina, Mauricio Macri, mengatakan hubungan perdagangan dan budaya yang terus berkembang ini adalah kemajuan yang sangat penting dan harus dua arah. “Kami yakin bahwa di bidang industri juga potensinya sangat besar,” kata Macri.

Dalam kesempatan itu, Macri menambahkan bahwa dirinya juga tertarik untuk bekerja sama di bidang perkeretaapian dan industri penerbangan yang potensinya juga sangat besar. “Kami juga ingin memperbaiki sistem visa supaya arus orang Indonesia dan Argentina yang saling mengunjungi bisa semakin meningkat karena ini adalah dua negara yang sangat indah dan penuh dengan budaya,” ucap Macri.

Setelah itu, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak Presiden Macri bersama Ibu Negara Juliana Awada untuk berfoto bersama. Kemudian, Presiden Macri memberikan cendera mata berupa jersey timnas Argentina berwarna putih biru.

Bagian belakang jersey tersebut terdapat tulisan Jokowi dan bernomor panggung 10. Jokowi terlihat sangat senang dan memamerkan jersey tersebut. Tidak mau kalah, Jokowi lalu memberikan cendera mata berupa bola yang diproduksi Indonesia kepada Macri. 

fdl/AR-2

What do you think?

Written by Julliana Elora

Di Nagan Raya, Dites Urine Dadakan, Anggota TNI Kaget

Protes Banser Diterima, Sekda DKI Janji Tinjau Ulang Daftar Penceramah