in

Inilah 3 Gunung di Pulau Jawa Yang Biasa Disebut Triple S Jawa Tengah

Gunung merupakan dataran di bumi yang menonjol diantara dataran lainnya. Seperti diketahui, di Indonesia memiliki banyak gunung. Masing-masing pulau yang ada di Indonesia memiliki puncak gunung tertinggi. Namun, ada yang lebih spesial dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya. Nah, di Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Tengah memiliki keunikan tersendiri. 

Kalau kita mengunjungi Provinsi Jawa Tengah untuk mendaki, tak komplit rasanya kalau ketiga gunung ini tidak dikunjungi. Ketiga gunung tersebut ialah Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Ketiga gunung tersebut biasa para pendaki menyebutnya dengan Triple S Jawa Tengah. Berikut profil singkat ketiga gunung tersebut. 

1. Gunung Sindoro

Puncak Gunung Sindoro
Sumber : Instagram

Gunung Sindoro, merupakan gunung aktif yang berada di Kabupaten, Temanggung Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.153 mdpl (meter diatas permukaan laut). Gunung Sindoro memiliki kawah terbesar yang bernama Kembang. Selanjutnya, gunung Sindoro memiliki kubah lava kecil yang berada di puncaknya. 

Berdampingan dengan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro salah satu gunung favorit bagi para pendaki untuk di kunjungi apabila para pendaki memiliki tujuan mendaki gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

2. Gunung Sumbing

Puncak Gunung Sumbing
Sumber : Instagram

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru. Memiliki ketinggian 3.371 mdpl (meter diatas permukaan laut) dan meski terbilang memiliki air yang minim, gunung ini menjadi salah satu gunung yang wajib para pendaki kunjungi apabila mendaki gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah. 

Yang perlu diketahui dari Gunung Sindoro ialah, gunung ini terletak di tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten-kabupaten tersebut ialah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, sama halnya dengan Gunung Merapa dan Gunung Merbabu, kedua gunung tersebut membentuk bentang alam gunung kembar. Diantara kedua gunung tersebut ditengah tengah terpisah oleh jalan raya yang menghubungkan Kota Temanggung dengan Kota Wonosobo. Nah, itulah sedikit profil dari Gunung Sumbing.

3. Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet
Sumber : Instagram

Meski berjarak jauh dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, Gunung Slamet termasuk salah satu gunung yang kerap di datangi oleh para pendaki. Gunun Slamet terletak di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 mdpl (meter diatas permukaan laut) sehingga gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur.

Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif berbentuk kerucut dan memiliki kawah yang aktif yaitu kawah IV yang merupakan kawah terakhir yang masih aktif hingga kini.

Nah itulah ketiga gunung yang sering disebut oleh para pendaki dengan bahasa lain Triple S Jawa Tengah. Apabila kalian mendaki gunung di Jawa Tengah, sia-dia rasanya kalau ketiga gunung tersebut tidak didaki.

Tags: Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Keindahan Alam Indonesia, Jawa Tengah

Loading…

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ngerinya Pergaulan Bebas Anggita Sari hingga Gonta-ganti Pacar

PCCF Dideklarasikan, Mahyeldi dan Mulyadi Kompak Dukung Penuh