in

Joe Biden Ungguli Presiden Trump

NEW YORK CITY – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari kubu Demokrat, Joe Biden, unggul atas Presiden Do­nald Trump dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos yang di­lakukan awal pekan ini.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dilakukan pada Senin dan Selasa itu menunjukkan, 43 persen pemilih yang telah mendaftar mengatakan akan mendukung Biden dalam pe­milihan presiden 3 November mendatang.

Sementara 41 persen lainnya mengatakan mendukung Trump. Hasil itu membuat persaingan keduanya semakin ke­tat karena adanya faktor interval kredibilitas jajak pendapat itu.

Pada jajak pendapat yang sama minggu lalu, persentase Biden memimpin 6 poin, dan 8 poin dalam jajak pen­dapat yang berlangsung 15–21 April.

Mantan wakil presiden itu terpaksa menjalankan kam­panye kepresidenan dari kediamannya di Delaware se­suai kebijakan pembatasan untuk memerangi pandemi Covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 70.000 orang dan membuat 30 juta orang di AS kehilangan pekerjaan. Se­baliknya, Trump berhasil memperbaiki posisinya melalui taklimat di Gedung Putih sebagai pucuk pimpinan dalam merespons persoalan pandemi tersebut.

Baru-baru ini, beberapa berita tentang Biden yang men­dominasi, berfokus pada tuduhan mantan asisten Senat AS bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual pada 1993. Pekan lalu, Biden mengatakan bahwa dugaan penyerangan itu “tidak pernah terjadi” dan meminta Senat untuk me­mublikasikan dokumen yang berkaitan dengan tuduhan dari asisten staf di kantor Senat Biden, Tara Reade, yang bertugas sejak Desember 1992 hingga Agustus 1993.

Dampak politik dari situasi itu belum tampak jelas dalam jajak pendapat, dengan hasil 53 persen publik Amerika me­ngatakan “agak” atau “sangat” paham dengan tuduhan itu.

Lapangan Kerja

Menurut jajak pendapat, 45 persen masyarakat AS me­ngatakan bahwa Trump lebih piawai dalam menciptakan lapangan kerja, sementara 32 persen mengatakan Biden adalah kandidat yang lebih baik untuk itu. Hasil itu mem­bawa Trump unggul 13 poin di atas Biden, dibandingkan dengan keunggulan 6 poin dalam jajak pendapat serupa yang berlangsung pada pertengahan April.

Sebanyak 37 persen koresponden mengatakan respons Trump dalam menghadapi krisis pandemi di negara itu le­bih baik, sementara 35 persen lebih memilih Biden. Sebuah jajak pendapat serupa pada pertengahan April menunjuk­kan Biden memiliki sedikit keunggulan atas Trump dalam tanggapannya mengatasi krisis wabah mematikan itu.

Secara keseluruhan, 42 persen masyarakat AS setuju atas kinerja Trump di Gedung Putih, sementara 53 per­sen koresponden mengatakan tidak setuju. Popularitas Presiden tetap relatif datar selama lebih dari setahun.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos dilakukan dalam bahasa Ing­gris secara daring di seluruh AS. Penelitian itu mengumpul­kan tanggapan dari 1.215 orang dewasa AS, termasuk 1.015 yang diidentifikasi sebagai pemilih terdaftar. Jajak itu memi­liki margin kesalahan 3 poin persentase. n AFP/SB/P-4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dorong Sumber Pertumbuhan ke Sektor Produktif

Mushala Al Istiqomah, Kenang-kenangan dari Didi Kempot untuk Istri dan Tetangga