in

Kenapa Kita Harus Jujur Dalam Melaksanakan Pekerjaan

Bekerja tidak saja untuk mencari nafkah. Bekerja bukan saja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi dengan bekerja atau melaksanakan pekerjaan begitu banyak manfaat yang akan kita raih, baik berupa prestasi, masa depan yang cemerlang. Dan hanya dengan bekerja kita akan terus berkembang mendekat titik kesempurnaan diri sebagai homo creator

Namun dalam melaksanakan pekerjaan kita perlu mengedepankan nilai-nilai kejujuran. Kenapa?? Karena hanya dengan kejujuran atau mengedepan aspek kejujuran kita akan sangat mudah mencapai apa yang akan kita dambakan. Entah masa depan yang cemerlang atau pun visi dan misi kita dalam melaksanakan pekerjaan itu.

Dalam melaksanakan pekerjaan, kejujuran meliputi banyak hal. Salah satunya adalah loyalitas dalam melakukan pekerjaan harus diikuti dengan kejujuran. Jika anda bekerja sangat loyal pada organisasi apakah itu perusahaan atau organisasi pemerintahan atau swasta, tidak akan ada artinya jika anda tidak jujur. Jujur yang dimaksud disini adalah, jika anda diserahitugas untuk melaksanakan sebuah tugas, maka anda harus menjalankannya sesuai perintah dengan tidak melakukan tindakan lain yang bisa merugikan perusahaan atau organisasi. Jika anda melakukan tindakan lain yang merugikan organisasi atau perusahaan, maka resiko sedang menanti anda.

Kejujuran dalam bekerja tentunya tidak hanya mutlak bawahan tetapi juga berlaku bagi atasan. Jujur bagi seorang atasan adalah dengan memberikan hak-hak bawahan dengan terbuka dan transparan. Dengan ini b maka organisasi akan terus berjalan terus dan terciptanya kondisi yang harmonis. Jika itu terjadi maka visi dan misi organisasi akan mudah tercapai.

Dalam dunia bisnis pun, kejujuran sangat urgen. Jika anda bekerja dengan melakukan berbagai bisnis yang mana membutuhkan transaksi dengan banyak partner bisnis, maka kejujuran anda sangat diperlukan. Sebagai contoh, jika anda menjual suatu produk kepada customer anda, maka anda harus jujur dan terbuka mengenai produk anda. Jika produk yang anda jual memang bagus, maka akan semakin banyak pelanggan yang datang untuk membeli barang anda. Namun jika anda tidak jujur dengan barang anda, seperti barang yang sebenarnya tidak berkualitas baik namun anda katakan sangat baik, tentu saja pelanggan anda akan merasa kecewa, dan pada akhirnya mereka akan beralih kepada penyedia atau jasa la== lain yang memberikan info apa adanya.

Jika kejadian ini berlangsung terus menerus, maka anda akan mengalami masalah pada kelangsungan bisnis anda, yang jika dibiarkan akan berakhir pada gulung tikar. Selain itu, jika anda tidak jujur dalam melakukan bisnis, yang mana anda melakukan banyak berbagai tipuan supaya bisnis anda bisa tetap berjalan, maka hukum pidana bisa menjerat anda. Untuk itu berlaku jujur dalam bisnis sangatlah penting.

Image dari buah kejujuran adalah, anda akan dipandang sebagai seseorang yang bisa diandalkan dan akan mendapatkan kepercayaan penuh dari siapa saja yang mengenal anda. Bahkan saja pada atasan anda tetapi juga kepada stakeholder atau pun partner bisnis yang belum pernah melakukan kerja sama sebelumnya. 

Jadi sebenarnya kejujuran merupakan jembatan yang menghantar kita pada kesuksesan. Entah kesuksesan pribadi, organisasi atau perusahaan dimana kita mengabdi. Oleh karena kejujuran membawa dampak positif bagi kita maka sewajarnya nilai-nilai kejujuran itu penting kita terapkan sejak usia dini agar senantiasa bersikap jujur dalam berbagai tindakan pada tahapan dan perkembangan selanjutnya.  

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Disdik Jabar Gandeng Tim Cyber Pungli

2.432 Puskesmas Beri Fasilitas Khusus Pasien Lansia