Beranda Nasional Kisah Pengabdian Mantan Atlet Judo dari Hawaii untuk Salah Satu Kota Kecil...

Kisah Pengabdian Mantan Atlet Judo dari Hawaii untuk Salah Satu Kota Kecil di Indonesia

26
0
BERBAGI

Hawaii, pastinya para pembaca pernah mendengar, membaca, atau bahkan sudah pernah ada yang mengunjungi negara tersebut. Hawaii atau Hawai’i adalah Negara bagian Amerika Serikat dan Hawaii adalah satu-satunya Negara bagian di AS yang terpisah dari benua Amerika dan berupa kepulauan sekaligus masuk kawasan Oseania. Pada kesempatan kali ini saya tidak membahas banyak tentang negara bagian tersebut, namun saya akan membahas salah satu orang hebat yang berasal dari Hawaii yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca sekalian.

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba untuk menghubungi salah satu narasumber yang menjadi inspirasi tulisan saya ini. Beliau adalah salah satu teman dekat kakak perempuan saya yang juga seorang guru atlet Judo di salah satu kota kecil di Indonesia yang mungkin dari beberapa para pembaca belum pernah mendengarnya. Kota Lubuklinggau. Salah satu kota yang sedang berkembang yang memiliki Ibu kota Palembang (sumatra selatan). Dan saya akan membahasnya pada artikel saya kali ini.

Beliau memiliki nama lengkap Melinda Kay Swanson yang lahir di Minneapolis, Minnesota USA 12 April 1983. Asli warga negara Amerika. Melinda Kay Swanson biasa diakrab dengan Ms. Mindy adalah seorang mantan atlet judo Amerika. Ms. Mindy memulai karier judo nya sejak tahun 1990, di umur 7 tahun.  Dan memenangkan kejurnas Tahun 2006. Seperti yang dikatakan Ms.Mindy saat saya mengirimkan emailnya “Saya mulai judo tahun 1990, di umur 7 tahun.  Tahun 2006 saya menang kejurnas US Senior national championship, jadi ikut team nas Amerika dari 2006 sampai 2012.”

Ms. Mindy sebelum berada di Lubuklinggau, beliau pernah menjadi pelatih di salah satu klub di Hawaii “ Hawaii Tenri Judo” dan juga sekolah SMA “Punahou School” di hawai.Ms Mindy merasa tertarik dengan kota Lubuklinggau adalah sejak kali pertamanya datang mengunjungi kota tersebut. Dan kota Lubuklinggau tersebut memikat hati Ms. Mindy untuk melayani masyarakat di kota kecil tersebut. Ms. Mindy datang ke Lubuklinggau tepatnya pada bulan Desember 2012. Seperti yang dikatakan Ms. Mindy pada email yang dikirimkan kepada saya. 

Waktu itu saya masih berada di Amerika, saya berdoa kepada Tuhan Allah, dan merasakan di dalam hatiku, Dia (Tuhan Allah) ingin saya keliling Sumatra Selatan. Jadi saya datang bersama teman-teman saya yang memiliki visi yang sama (pelayanan masyarakat). Pada saat itu saya tiba di Lubuklinggau, saya merasa bahwa benar Tuhan memanggil saya ke kota ini. Disini kota kecil,orangnya sangat ramah dan ada waktu untuk mengobrol, serta berteman. Orang Lubuklinggau open minded. Mereka mau berteman dengan bule serta tertatik dengan bule, sehingga itu membuat saya merasa nyaman serta mudah untuk mendapatkan tenman disini.Dan sejak saat itu saya yakin itu adalah rencana Allah untuk saya tinggal di Lubuklinggau, saya keliling bertanya serta berdoa “bagaimana saya bias melayani kota ini?” saya melihat banyak anak-anak tidak ada acara di luar sekolah,sehingga membuat harapan dan cita-cita mereka berkurang, jadi saya berpikir untuk mendirikan klub judo disini dan saya berguna di kota ini”

Ms. Mindy melihat adanya potensi dari anak-anak yang dapat dikembangkan di kota Lubuklinggau tersebut sehingga dia mendirikan klub judo disana. Klub judo Ms. Mindy terletak di jalan  Merpati ,Bandung kanan Lubuklinggau Barat II dengan nama “ Lubuklinggau Judo Klub” atau biasa disebut Judo Kuat. Dan klub ini berada dibawah PJSI Kota Lubuklinggau. Tidak hanya mendirikan dojo saja, ternyata apa yang dilakukan oleh Ms. Mindy membuahkan hasil klub judo yang dipegang oleh beliau telah banyak memenangkan kejuaraan bahkan sampai keluar negri. Seperti yang dikatakan oleh Beliau pada emailnya Kita ada banyak memenangkan kejuaraan, di Singapore, Penang, Jakarta,Bandung, Bali, dan akhir bulan ini (Juli 2019) kami membawa atlet dari Lubuklinggau ke Jogjakarta untuk kejunas Kartika Cup. Mereka juga pernah memenangkan juara 1,2,3 di tournament masing-masing”

Ms. Mindy  memiliki Visi dan Misi untuk klub judo yang didirikannya. Visinya adalah agar Klub judo tersebut tidak hanya menghasilkan atlet dengan kemampuan tinggi yang bisa menjadi juara nasional dan internasional, tetapi juga menghasilkan karakter moral yang kuat yang akan melayani masyarakat di kedepannya nanti. Sedangkan Misi dari Klub tersebut adalah  untuk memperlengkapi anak-anak atau orang dewasa di Lubuklinggau dengan keterampilan, kepercayaan diri, dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk mengikuti rencana Tuhan yang luar biasa untuk kehidupan mereka.

Ms. Mindy juga mendapatkan dukungan motivasi dari keluarga barunya di Kota Lubuklinggau, yang membuat beliau semakin senang berada di kota tersebut, berkat dari dukungan orang terdekatnya. Saya sangat bersyukur  disini ada banyak teman dan orang yang seperti keluarga angkat (new Family). Pertama keluarga yang telah dekat dengan saya saat pertama kali saya datang ke Lubuklinggau, yaitu keluarga Bpk. Bulia, dan juga Rama Syah Alam, serta teman terbaik saya keluarga Afen (Dina) mereka yang membuat saya merasa nyaman di kota ini, serta murid-murid klub judo dan masyarakat kota yang ramah”

Ms. Mindy sangat mencintai dan menyukai kota Lubuklinggau tersebut, yang mungkin banyak dari pembaca belum pernah mendengar atau melihat secara tentang kota tersebut, seperti yang telah saya tuliskan diatas. Namun meskipun kota tersebut sangat indah, ternyata Ms. Mindy pernah mengalami pengalaman buruk saat awal tiba di Lubuklinggau. Namun beliau masih tetap menyukai tempat tersebut.

Saya pernah punya pengalaman buruk awal saya di Lubuklinggau, tapi itu tidak membuat saya patah semangat dengan kota ini, Karena masih banyak orang baik di kota ini. Kejadiannya dulu, suatu ketika saya sedang berada di Bukit Sulap (tempat rekreasi alam di kota Lubuklinggau) , ada seseorang yang ingin mencuri sepeda motor milik saya, dan dia menembakkan peluru di paha saya, ada juga kejadian rumah saya dimasuki pencuri. Dia mengambil tas dan uang saya. Tapi saya yakin satu hal orang jahat pasti ada dimana saja, bukan hanya dikota ini, namun di kota lain, bahkan Negara lain pun banyak. Namun di Lubuklinggau saya lebih banyak menemui orang yang baik daripada orang jahat.”

Dan inilah sosok Inspirasi kita pada artikel saya kali ini. Sosok yang rendah hati, meskipun beliau seorang mantan atlet hebat, bahkan seseorang dari sebuah Negara maju, namun mau memberikan hati dan pelayanannya tanpa bayaran pada sebuah kota kecil yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang lain. Saya percaya ada banyak orang baik diluar sana yang mungkin melakukan hal-hal yang baik , namun pertanyaannya untuk kita semua. Apa yang telah kita lakukan pada kota tempat kita tinggal? Apakah kita menjadi berguna untuk masyarakat ataukah kita malah menjadi sampah bagi masyarakat? Mari kita belajar dari sosok Ms. Mindy yang tidak mengeluh, bahkan mau membuat dirinya berguna bagi masayarakat. Jika seorang Ms. Mindy mampu mencintai Negara dan kota yang bukan tempat lahirnya, seharusnya kita yang penduduk asli Negara Indonesia mau berbuat lebih dari yang beliau lakukan.

Dan untuk mengakhiri artikel dari saya, ada sebuah pesan moral untuk semua pembaca artikel dari sosok inspirasi kita, Ms. Mindy

“Jangan pernah membuat asumsi tentang seseorang tanpa mengenal mereka. Dimanapun anda berada, serta jangan memiliki pikiran dan perasaan yang tidak dapat dengan mudah dilihat atau bahkan dijelaskan dalam percakapan singkat. Luangkan waktu anda untuk mengenal seseorang yang berbeda dari anda, dan anda akan terkejut bahwa mereka tidak seperti yang anda pikirkan.”

Sekian artikel dari saya, semoga dapat menginspirasi banyak orang di Indonesia.

Salam Insipirasi

Jenni

Tags: Inspirasi Hidup, Motivasi, Kotakecil, Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Judokuat, Lubuklinggaujudoklub

Loading…