Beranda Nasional Klub Urawa Jepang juarai Liga Champions Asia

Klub Urawa Jepang juarai Liga Champions Asia

181
0
BERBAGI
Tokyo (Antara/Reuters) – Klub Jepang Urawa Reds Diamonds menjuarai Liga Champions Asia ketika mereka menang 1-0 atas klub Arab Saudi Al Hilal di Stadion Saitama pada Sabtu, yang membawa mereka menang agregat 2-1.
Rafael Silva mencetak gol dua menit sebelum waktu habis untuk memberikan kemenangan bagi Urawa, di mana ia juga menjadi pencetak gol tandang yang vital bagi timnya pada leg pertama di Riyadh pekan lalu.
Urawa menjadi klub Jepang pertama yang mengklaim gelar benua sejak Gamba Osaka pada 2009, sementara itu ini merupakan kemenangan kedua bagi Urawa, sepuluh tahun setelah kesuksesan mereka sebelumnya.
Tim tuan rumah memulai pertandingan dengan susunan pemain yang sama seperti saat mereka bermain imbang 1-1 pada leg pertama, penyerang asal Brazil Silva telah pulih dari cedera pergelangan kakinya untuk dapat kembali menghuni tim inti pasukan Takafumi Hori.    
Nawaf Al Abed tampil sejak awal untuk Al Hilal, mengisi posisi Carlos Eduardo, yang menderita cedera lutut serius pada leg pertama.
Urawa tampil bagus sejak awal di mana Kazuki Nagasawa dua kali nyaris mencetak gol pada delapan menit pembukaan, ketika klub Arab Saudi itu mengalami kendala dengan suhu dingin di Saitama.
Namun juara dua kali Al Hilal mampu memperbaiki permainan, di mana Salem Al Dawsari melepaskan tembakan yang melambung di atas mistar gawang dari luar kotak penalti sedangkan Nicolas Milesi semestinya dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik sebelum turun minum, ketika ia melepaskan tembakan melebar di depan gawang Shusaku Nishikawa.
Bagaimanapun, klub Arab Saudi itu secara bertahap menjadi frustrasi ketika Omar Khribin melepaskan tendangan bebas yang melebar dan Mohamed Al Burayk melihat tembakannya terdefleksi sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut ketika pertahanan Urawa tampil disiplin.
Urawa nyaris memecah kebuntuan saat pertandingan tinggal menyisakan 17 menit ketika kiper Abdullah Al Muaiouf bergerak ke kiri untuk menahan sundulan Shinzo Koroki keluar garis, sebelum mengamankan sepakan Silva yang memanfaatkan bola pantul.
Beberapa menit sebelumnya, tandukan Yuki Muto mengenai lengan sang kiper ketika Al Hilal — yang perlu mencetak gol untuk mempertahankan harapan mereka — memiliki lebih banyak lubang di lini belakang.
Harapan tim Arab Saudi itu mendapat hantaman pada menit ke-78 ketika Al Dawsari mendapatkan kartu kuning keduanya dalam rentang waktu enam menit dan harus diusir keluar lapangan setelah melanggar Wataru Endo, ketika rasa frustrasi Al Hilal semakin memuncak.
Dengan waktu yang semakin sedikit dan Al Hilal sangat memerlukan satu gol, Urawa menggebrak melalui serangan balik dan kecepatan Silva gagal diantisipasi lini belakang klub Arab Saudi sebelum ia melepaskan tembakan kaki kanan yang mengarah ke bagian atas gawang Al Muiaouf untuk mengunci kemenangan.
Kemenangan ini memperpanjang dominasi tim-tim Asia timur di kompetisi ini, di mana tidak ada tim dari bagian barat yang memenangi gelar sejak Al Sadd mengalahkan tim Korea Selatan Jeonbuk Motors melalui adu penalti pada 2011.
Penerjemah: A.R.A Adipati