in

Kompetisi Ikan Louhan angkat potensi perikanan Sumsel

Palembang (Antarasumsel.com) – Kompetisi Ikan Louhan yang diselenggarakan Perhimpunan Pecinta Louhan Palembang atau PPLP ini dianggap dapat mengangkat potensi perikanan di Sumatera Selatan.

“Lewat kompetisi ini diharapkan pemerintah dan komunitas untuk angkat potensi Louhan dan kelak bisa diekspor,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel, Sri Dewi Titi Sari usai membuka kegiatan tersebut di Palembang Indah Mall, Jumat.

Menurut dia, beberapa waktu lalu Sumsel berhasil mengekspor belut dari sini dimana sebelumnya Jakarta yang punya peran ekspor belut.

Dijelaskannya, budidaya ikan Louhan di Palembang sendiri termasuk yang cukup baik dan berkembang, terlihat dari angka pemenuhan pesanan Louhan dari luar Palembang.

“Ke Jakarta saja Palembang bisa kirim 80 ekor Louhan dari lima pelaku usaha dan pembudidaya,” paparnya.

Lewat kompetisi tersebut ia juga mengharapkan para pecinta Louhan dapat digerakkan untuk mengembangkan potensi ikan Louhan menjadi bisnis lewat ekspor.

Negara yang berpeluang untuk sasaran ekspor ikan cantik ini seperti Malaysia dan Singapura.

Sebanyak 120 akuarium ikan louhan digelar pada kompetisi tersebut dengan enam kelas perlombaan seperti Cencu original Indonesia, jenis dari Thailand, Primer King, Bingsai, dan klasik.

“Lewat kegiatan tersebut kita gunakan untuk mengenalkan budidaya ikan ini,”ujar wakil ketua PPLK Palembang Darul Qutni.

Ia berharap, dengan begitu bisnis ikan yang sempat menjadi tren beberapa tahun lalu bisa kembali diangkat setelah lama tenggelam.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

5 Alasan Wanita Selalu Jatuh Hati Pada Vampir

Delapan personel Polda Sumsel diperiksa intensif