in

Kurangnya Bahan Pangan di Daerah Pulau Terpencil Kecamatan Tambelan

Dikarenakan tidak adanya pemasokan bahan pangan dan bahan bakar dari luar pulau,  pulau terpencil di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau mengalami kekurangan bahan pangan.

“Kebutuhan kami di sini (Tambelan) semuanya di pasok dari luar baik bahan pangan maupun bahan bakar. Jika tidak ada kapal yang berani masuk menghadang ombak maka alamatlah kami kehabisan pangan sebab stok pangan dan BBM telah menipis,” ujar Camat Tambelan Akhyaruddin saat dihubungi Antara di Tambelan, Selasa.

Menurut dia, dalam beberapa hari terakhir tidak ada kapal yang berani menerjang ombak tinggi menuju kecamatan terpencil di Kabupaten Bintan itu, bahkan kapal Sabuk Nusantara 39 yang kemarin berencana membawa bantuan untuk masyarakat Tambelan, patah balik ke Bintan karena ombak tinggi.

“Ombak mencapai 5-6 meter. Masyarakat kami yang umumnya nelayan juga tidak melaut,” katanya.

Ia mengatakan, setelah peristiwa bencana longsor dan banjir yang terjadi di Tambelan pada Minggu (14/1) kemarin, saat ini kondisi masyarakat kembali normal.

Hujan lebat yang terus menerus mendera Tambelan selama tiga hari telah menyebabkan beberapa tebing di kecamatan yang terdiri dari beberapa pulau tersebut mengalami banjir dan tanah longsor.

“Kondisi sekarang telah normal. Masyarakat kembali beraktivitas seperti ‘sedia kala’ walau cuaca saat ini mendung dan ombak masih tinggi,” kata Akhyaruddin.

Ia mengatakan, dalam beberapa hari ke depan jika tidak ada kapal yang membawa pasokan pangan ke daerahnya maka ia kuatir masyarakat di daerahnya tidak punya pangan dan BBM.

Menurut dia, program tol laut di daerahnya dilakukan oleh armada Sabuk Nusantara dan biasanya pasokan makanan dan BBM dipasok oleh Sabuk Nusantara 30, 39 dan 62. Tapi karena kapal pengangkut tersebut tidak berani melintasi ombak yang besar menyebabkan bahan pangan didaerahnya makin menipis.

“Sabuk Nusantara 39 dari Bintan kemarin tidak jadi datang, begitu juga Sabuk Nusantara 30 dari Kalimantan juga tidak datang karena ombak tinggi. Mudahan dalam pekan ini Sabuk Nusantara 62 datang. Kalau kapal ini masuk, Alhamdulillah persediaan pangan untuk masyarakat terbantukan,” katanya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Walikota Tanjungpinang Meresmikan Pasar Malam Kota Lama

DPRA Tetapkan 17 Raqan Prioritas 2018