in

Lima Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan di Meja Makan

Selain menikmati hidangan, momen makan bersama keluarga maupun teman seringkali dimanfaatkan sebagai ajang untuk berkumpul. Namun, intimnya momen kebersamaan seringkali membuat orang lupa akan etika-etika makan yang harus dijaga di meja makan.

Melansir Daily Meal, berikut lima kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan di meja makan:

1. Bermain Gadget

Saat bersantap, selain menikmati hidangan yang disajikan mengambil swafoto bersama teman dan menguggahnya ke sosial media seolah menjadi hal yang biasa. Aktivitas di sosial media yang tinggi seringkali membuat mata seolah tidak bisa berhenti untuk sekedar melirik layar gawai. 

Meskipun terkesan sepele, memainkan gawai saat sedang berada di meja makan dianggap sebagai hal yang tidak sopan. Selain dapat mengurangi waktu kebersamaan di meja makan, memainkan gawai saat makan juga dinilai tidak menghargai teman makan anda. Jika memiliki urusan atau panggilan darurat, ada baiknya selesaikan hal tersebut di luar meja makan. 

2. Menyantap Hidangan Lebih Dulu

Hidangan yang disajikan hangat di meja makan seringkali menggoda iman untuk langsung melahapnya. Tanpa menunggu yang lain, seringkali seseorang langsung menyantap hidangan yang tersaji. Nyatanya, menikmati hidangan lebih dulu sebelum tersaji seluruhnya di meja makan merupakan tindakan yang tidak sopan. 

Meskipun teman semeja mengizinkan menyantap hidangan terlebih dahulu, ada baiknya anda menunggu sampai seluruh hidangan tersaji di meja makan. 

3. Bicara Memakai Alat Makan

Menikmati hidangan bersama keluarga atau teman seringkali dirasa hambar tanpa adanya obrolan singkat disela-sela makan. Sayang, terlalu semangat berbincang saat makan membuat anda lupa telah mengacungkan alat makan pada lawan bicara.

Meskipun sering dianggap remeh, sikap tersebut nyatanya sangat tidak sopan. Jika anda ingin membahas sesuatu yang cukup panjang, letakan dahulu seluruh alat makan di atas meja. Selain menghindari alat makan yang terlempar, bicara dengan tangan kosong juga membuat Anda lebih leluasa bergerak. 

4. Mengadu Alat Makan

Daging steak yang dipesan terlalu keras? Kalau sudah begini berarti Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk makan. Alat makan yang beradu tidak jarang mengeluarkan suara berisik yang menggangu. Hal tersebut jelas sangat tidak sopan dan mengganggu suasana makan. 

Jika merasa kesulitan dengan hidangan anda, ada baiknya meminta bantuan pada pramusaji yang lebih berpengalaman. Perlu diperhatikan saat jamuan makan berikutnya, sebaiknya alat makan yang anda pegang tidak menyentuh piring atau mangkuk saji. 

5. Mengoreksi Etika Makan Orang lain

Saat menikmati sebuah jamuan makan, melihat orang lain dengan sikap yang buruk seringkali membuat Anda merasa ingin menegurnya. Meskipun Anda merasa telah memiliki etika makan yang baik, menegur sikap orang lain di meja makan ternyata jauh lebih buruk. 

Ketimbang menegur langsung sikap seseorang di meja makan, sebaiknya tahan hal itusampai acara makan selesai. Jika Anda ingin menegur seseorang, sampaikan setelah acara makan dengan sikap dan bahasa yang sopan. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Gamawan Fauzi Kembali Diperiksa KPK Perkara Korupsi e-KTP

‘Supermarket Seks’ dalam Film ‘Jakarta Undercover’ Baru