in

Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Diare

Ketika diare, seseorang akan menyesali apa yang dikonsumsi sehari sebelumnya. Sakit perut dan berulang kali buang air besar membuat tubuh menjadi lemah dan lelah. Diare biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika diare berlangsung selama dua minggu atau lebih, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Melissa Rosen, dokter dan asisten profesor di NYU Langone Medical Center, AS, seperti dilansir dari Refinery29, mengungkapkan ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare karena mudah dicerna. Di antara makanan itu, yakni:

Pisang 
Dokter Rosen merekomendasikan BRAT, yakni makanan diet yang terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan toast, ketika seseorang diare. Makanan rendah serat seperti pisang akan membantu usus besar. Ketika diare tubuh kehilangan potassium karena banyak buang air besar, menurut Mayo Clinic, pisang akan membantu mengisinya kembali.

Nasi putih 
Nasi putih lebih baik dan membantu saat diare dibanding konsumsi nasi cokelat yang kaya serat.

Saus apel 
Konsumsi saus apel dapat membantu mengatasi diare, karena mengandung serat yang disebut pectin yang membantu sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah segar dan sayuran bukan pilihan tepat saat diare, karena sulit dicerna. 

Toast 
Seperti halnya nasi, toast juga baik dalam mengatasi diare, dan memperlancar pencernaan. Dalam hal ini, roti yang terbuat dari tepung terigu, lebih dari gandum. 

Kentang 
Makanan satu ini kaya akan potassium. Pastikan buang kulitnya karena itu mengandung banyak serat yang tak baik buat diare. Kentang goreng tidak termasuk karena itu digoreng dan tak membantu diare. 

Pretzels 
Kue berupa tiga simpulan yang kaya mengandung garam akan membantu tubuh mengatasi diare. 

Sup 
Semangkok sup encer juga dianjurkan karena tidak meninggalkan sisa, dan baik untuk pencernaan. (rah)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Situs Dibajak, Telkomsel Jadi Trending Topic

Jalur Ro-Ro Davao – Bitung Dibuka, Barang Dari Filipina Tidak Perlu Lewat Surabaya