in

Manfaat Membersihkan Rumah Bagi Kesehatan

Semua orang sepakat jika kondisi rumah dalam keadaan bersih dan rapi akan memberikan ketenangan dan kenyamanan saat berada di dalamnya, tapi jika sebaliknya rumah kotor dan berantakan malah akan menjadi sumber stres. 

Tidak sedikit juga rumah yang dibiarkan pemiliknya berantakan dan malas membersihkan karena alasan nanti juga akan kotor dan berantakan. Padahal rumah yang kotor lebih banyak negatifnya dari pada positifnya. 

Dilansir dari India Times, memiliki rumah yang bersih dan rapi memiliki keuntungan lebih banyak. Berikut keuntungan bila memiliki rumah yang bersih dan rapi: 

1. Menjauhkan diri dari alergi 
Rutin membersihkan rumah akan mengusir debu dan alergi yang disebabkannya. Debu bisa mengiritasi hidung, tenggorokan, dan mata sehingga menyebabkan mata merah, bersin-bersin, atau hidung berair.

2. Tampak lebih baik dan segar 
Bukankah sudah jelas bahwa rumah yang rapi, bersih, dan teratur akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman? Ruang keluarga yang rapi sampai kamar mandi yang bersih akan memunculkan perasaan yang lebih segar.

3. Membuat lebih produktif dan bebas stres 
Menurut banyak penelitian, lingkungan yang bersih akan membuat orang lebih fokus pada pekerjaannya sehingga lebih produktif.

4. Lebih percaya diri mengundang tamu 
Banyak orang yang khawatir atau malu bila mengundang orang lain karena rumah yang berantakan. Cobalah membuatnya lebih rapi agar lebih percaya diri mengundang teman-teman atau kolega.

5. Baik untuk kesehatan mental 
Ruangan yang bersih dan rapi akan membuat kita merasa tenang dan fokus, yang baik untuk kesehatan mental. Membersihkan rumah juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan depresi. Para penderita depresi disarankan untuk menjaga tempat tinggalnya bersih agar pikiran juga ikut bersih.

6. Makanan sehat 
Dapur adalah tempat memasak sehingga kebersihannya harus selalu dijaga. Bila dapur kotor dan berantakan, banyak kuman yang bersarang dan bisa ikut terbawa di makanan.

7. Mengurangi risiko cedera 
Barang-barang yang terletak sembarangan dan tidak teratur bisa menyebabkan pemiliknya tersandung dan terjatuh sehingga berakibat cedera.

8. Berolahraga 
Membersihkan rumah juga ibarat berolahraga dan membantu membakar kalori, apalagi bila diiringi dengan alunan musik yang membuat rileks. Rumah bukan hanya rapi dan bersih, tubuh pun jadi sehat karena sering “berolahraga”. 

Itulah manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki rumah bersih dan rapi. Jadi mulai sekarang jangan malas lagi bersih-bersih rumah ya. (*)

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

MENGENAL 3 KEPRIBADIAN CINTA LELAKI, YANG KE TIGA PALING BERBAHAYA

Resep Alami Awet Muda