in

Mantan Cawako Pariaman Dicokok Nyabu

IJP Ditenggarai Konsumsi Sabu 

Kabar mengejutkan datang dari politisi muda Partai Golkar, Indra Jaya Piliang (IJP), 45. Mantan calon wali kota (Cawako) Pariaman pada Pilkada 2013 lewat jalur independen itu, ditangkap Ditresnarkoba Polda Metrojaya setelah terbukti mengkonsumsi narkoba di Diamond Karaoke, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (13/9). IJP ditangkap bersama dua rekannya RF, 32 dan MIJ, 35. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono mengatakan, penangkapan ke tiga terduga pelaku ini merupakan hasil penyelidikan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Dari keterangan para terduga tersangka, salah satunya menyebutkan, sebelum memakai sabu, mereka membeli barang haram tersebut dari seseorang di ball room tempat hiburan tersebut. “Kami masih mencari siapa yang menyediakan sabu-sabu itu kepada para terduga pelaku,” ujar dia kepada koran ini, kemarin.

Argo menerangkan, ketiganya yang berhasil dimankan merupakan teman satu sama lain. Mereka diduga sengaja pergi ke tempat hiburan itu untuk menggunakan barang haram tersebut. “Kami juga tengah mencari tahu siapa yang pertama kali memiliki ide untuk memakai sabu-sabu tersebut,” jelas dia.

Saat diamankan, lanjut Argo, para pelaku tidak mampu berkutik. Mereka pasrah dan langsung digelandang ke Mapolda Metro Jaya. “Tidak ada perlawanan ketika mereka ditangkap,” kata dia. 

Dalam penggerebekan tersebut, pihaknya tidak hanya menemukan barang bukti berupa alat hisap sabu dan bekas bungkus sabu-sabu. Tetapi, juga melakukan tes urin kepada para pelaku. “Setelah melakukan tes urine, hasilnya ketiganya positif menggunakan sabu, “ terang dia.

Dari keterangan para pelaku, mereka mengkonsumsi narkoba untuk menghilangkan penat. Pihak kepolisian kini tengah fokus mencari penyedia barang haram tersebut. “Orang yang menyediakan, membeli dan menyebarkan barang tersebut kepada tersangka kami tengah kejar,” jelas Argo.

Secara terpisah, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto mengatakan, kasus ini secara penuh ditangani Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Meski penangkapan berada di wilayahnya, tetapi, semua penyidikan ditangani Polda Metro Jaya.
“Kasus penangkapan itu kebetulan yang menangani Polda. Jadi, semua penyidikan tengah dilakukan Polda,” jelas dia.  

Meski begitu, dirinya tidak menampik, jika daerah Taman Sari merupakan salah satu kawasan peredaran narkoba. “Kami intens juga melakukan razia di lokasi yang selama ini menjadi daerah rawan peredaran narkoba. Termasuk, di wilayah taman sari ini,” tukas dia. 

Salah seorang sahabat IJP yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dia sudah mengingatkan IJP agar menjauhi narkoba jauh-jauh hari. Namun, menurut dia, IJP tidak mau menuruti sarannya. “Saya jelas tak bisa berbuat apa-apa lagi. Dia sendiri tak mau mengindahkan saran saya,” terang dia. 

Sementara itu, kolega IJP sesama politisi Partai Golkar yang juga Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo, mengaku prihatin terciduknya IJP. “Sebagai sahabat, saya prihatin. IJP adalah sosok yang sangat potensial, anak muda yang memiliki idealisme tinggi dan menjadi idola di kalangan anak muda Golkar,” kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (14/9).

Dia menambahkan, tidak banyak politisi yang pintar bicara dan menuliskan pikirannya di berbagai media. Dai yakin dia hanya menjadi korban pergaulan dan salah memilih teman, tidak lebih. “Untuk itu saya berharap pihak kepolisian dapat menanganinya dengan bijaksana,” ujar dia. 

Setelah proses hukum selesai sebagaimana diatur dalam UU, bersangkutan mendapat pembinaan dan rehabilitasi. “Saya yakin IJP sebagai anak muda yang cerdas segera menyadari kekeliruannya dan meninggalkan dunia kelam tersebut,” pungkas dia. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Empat Jorong Dihantam Galodo

Jembatan Pribadi Antarprovinsi di Perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah