in

Megawati Kecam Pihak Penganut Ideologi Tertutup

PUTRA | Selasa,10 Januari 2017 – 15:33:13 WIB

Dibaca: 242 kali 

JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyinggung pihak-pihak yang antikeberagaman. Dia menyebut pihak-pihak tersebut sebagai penganut ideologi tertutup.

Bahkan, Mega menuding mereka menjadi pemicu isu konflik bernuansa Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA). Kelompok tersebut bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

“Mereka memaksakan kehendaknya sendiri, tidak ada dialog, apalagi demokrasi. Apa yang mereka lakukan, hanyalah kepatuhan yang lahir dari watak kekuasaan totaliter, dan dijalankan dengan cara-cara totaliter pula. Bagi mereka, teror dan propaganda adalah jalan kunci tercapainya kekuasaan,” jelas Megawati, dalam sambutannya pada peringatan HUT PDIP ke-44 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/1).

Menurut Presiden Republik Indonesia kelima itu, para pemimpin yang menganut ideologi tertutup mempromosikan diri mereka sebagai self para peramal masa depan. Para penganut ideologi tertutup kerap meramal kehidupan setelah dunia fana. “Padahal mereka sendiri tentu belum pernah melihatnya,” tambahnya.

Dijelaskan Megawati, syarat mutlak hidupnya ideologi tertutup adalah lahirnya aturan-aturan hingga dilarangnya pemikiran kritis.

Mereka menghendaki keseragaman dalam berpikir dan bertindak, dengan memaksakan kehendaknya. Akibatnya, pemahaman terhadap agama dan keyakinan sebagai bentuk kesosialanpun dihancurkan, bahkan dimusnahkan.

Selain itu, demokrasi dan keberagaman dalam ideologi tertutup tidak ditolelir karena kepatuhan total masyarakat menjadi tujuan. Tidak hanya itu kata Megawati, mereka benar-benar anti kebhinekaaan. Maka tidak heran apabila muncul dengan berbagai persoalan SARA akhir-akhir ini..

Selanjutnya dia juga mengkritisi orang yang beragama tapi menanggalkan ke-Indonesiannya. Megawati meminjam perkataan dari Soekarno. “Kalau kamu mau jadi Hindu, jangan jadi orang India. Kalau kamu mau jadi orang Islam, jangan jadi orang Arab. kalau kamu mau jadi orang Kristen, jangan jadi orang Yahudi. Tetaplah jadi orang Indonesia dengan adat budaya Nusantara yang kaya raya ini,” tegas Megawati.

Editor : Putra


What do you think?

Written by virgo

Gubri Pusing Permasalahan Pejabat yang Akan Dinonjobkan

MUI apresiasi program air bersih-sanitasi Bappenas