in

Melihat Rumah Singgah Pasien Miskin di Banda Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Blood For Life Foundation (BFLF) Banda Aceh yang didirikan oleh Michael Octaviano (36) memiliki dua unit kegiatan pengabdian, yaitu menggalang donor darah dari masyarakat dan menyediakan rumah singgah untuk pasien miskin. Pendirian rumah singgah ini bertujuan untuk membantu pasien miskin yang datang dari luar Banda Aceh untuk berobat di RSUZA.

“Banyak pasien yang belum mendapatkan jadwal operasi dan kamar pada malam hari tidur di emperan rumah sakit. Kita tak tega melihatnya, maka kita putuskan untuk mendirikan rumah singgah,” kata Michael kepada aceHTrend beberapa waktu lalu.

Rumah singgah milik BFLF sudah berlangsung selama tiga tahun. Pada 1 Mei 2015 Michael menyewa rumah dengan dua kamar di Komplek Villa Citra Lampineung. Pasien RSUZA yang belum memiliki jadwal operasi tinggal di rumah ini. Mereka menjalani rawat jalan di RSUZA.

“Pada tahun pertama kita melayani sebanyak 28 pasien miskin dari berbagai daerah di Aceh,” ucap Michael sambil memperlihatkan dokumen pasien lengkap nama, asal, jenis penyakit serta pendamping.

Memasuki tahun kedua Michael memutuskan memindahkan rumah singgah kawasan Lampriet. Alasannya agar pasien tidak terlalu jauh berangkat ke RS, serta jumlah pasien yang memerlukan penginapan di semakin meningkat.

“Alhamdulillah, ada warga yang berbaik hati mau menyewakan rumah besar dengan 8 unit kamar di Jalan Cumi-cumi Lampriet untuk dijadikan rumah singgah. Di rumah singgah yang baru itu kita sudah melayani sebanyak 110 pasien,” katanya.

Amatan acehHTrend, di rumah singgah ini disediakan ranjang standar RS, spring bed, kipas angin, kursi roda, tongkat, peralatan memasak, kompor gas, mesin cuci, kulkas hingga beras, sabun cuci, sikat gigi dan lain-lain.

“Barang-barang ini semuanya sumbangan pihak lain. Ranjang dari RSU Meuraxa. Spring bed dan kursi roda dari Dinas Sosial. Beras, sabun mandi, deterjen dan lain-lain dari donatur. Bahkan Rumah Makan Dapur Minang Lampriet menyiapkan nasi bungkus untuk pasien yang baru datang,” lanjut Michael.

Bagi masyarakat yang ingin berbagi kebahagiaan dengan pasien miskin dapat mengantar langsung sumbangan ke rumah singgah BFLF di Jalan Cumi-cumi Lampriet. Atau, menghubungi langsung Ketua BFLF Michael di nomor HP. 081260852973. Untuk donasi dapat melakukan transfer ke rekening nomor: 3340-01-022415-53-5 atas nama Blood For Life Foundation. []

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Mensukseskan Program Revitalisasi Pasar Tradisional

Rumah Singgah Itu Ibarat Hotel