Beranda Nasional Mengambil Pelajaran Hidup dari Film-film Studio Ghibli

Mengambil Pelajaran Hidup dari Film-film Studio Ghibli

180
0
BERBAGI

Sejak bulan April hingga September mendatang, World of Ghibli bekerjasama dengan bioskop-bioskop di beberapa kota di Indonesia untuk menayangkan film animasi keluaran Studio Ghibli.

Dari keajaiban menakjubkan Spirited Away dengan sifat ringan dari My Neighbor Totoro, Studio Ghibli terkenal dengan film artistiknya yang indah. Sutradara Studio Ghibli pun juga terkenal, terutama Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Setiap film membawa pesannya sendiri dan penonton dapat dengan mudah berhubungan dengan masing-masing karakter dengan cara mereka sendiri.

Tumbuh dengan Studio Ghibli, dengan senang hati saya katakan bahwa saya telah belajar banyak tentang seni, musik, dan kehidupan itu sendiri pada umumnya. Inilah beberapa pelajaran hidup penting yang telah saya pelajari dengan menggali banyak dunia Studio Ghibli telah diluncurkan ke dalam bahasa kita sendiri.


Tetap percaya pada diri sendiri.

Tema ini mungkin tampak klise, namun cara Ghibli mengungkapkan tema ini tidak. Banyak karakter dalam film mengakui bahwa ini bukan hal yang termudah untuk dilakukan, seperti beberapa dari kita. Mereka berjuang untuk menemukan diri mereka sendiri. Tapi cara mereka perlahan tumbuh untuk mempercayai diri mereka sendiri dan membangun kembali tujuan mereka benar-benar mengungkapkan pentingnya mengetahui bahwa kita dapat melakukan apapun selama kita percaya pada diri kita sendiri.

Misalnya, Kiki, dari Kiki’s Delivery Service, mulai meragukan dirinya dan tujuan hidupnya, sehingga kehilangan kekuatannya untuk terbang sebagai penyihir. Saat dia siap untuk menyerah, dukungan dari teman-temannya dan kemauannya sendiri untuk tidak menyerah pada kesulitannya membuatnya perlahan mulai percaya pada dirinya lagi, sehingga membuatnya perlahan mengembalikan kekuatannya juga.

Di The Borrower Arrietty, Arrietty mengajarkan teman manusia Sho bahwa dia harus percaya pada dirinya sendiri dan terus hidup meskipun dia memiliki masalah jantung dan pada akhirnya membutuhkan pembedahan untuk memperbaikinya. Dia menunjukkan kepadanya bagaimana hidup dipenuhi dengan hal yang tak terduga dan jika dia tidak terus percaya pada dirinya sendiri, dia tidak akan pernah bisa mengetahui apa yang disimpan di dalam kehidupan.

Anda tidak membutuhkan seseorang untuk menyelamatkan Anda. Anda bisa menyelamatkan diri.

Hal ini bergandengan tangan dengan pelajaran pertama. Hampir semua karakter perempuan terkemuka, yang terkadang merupakan tokoh utama di seluruh film, mencapai tujuan mereka sendiri dengan sedikit bantuan dari orang lain. Mereka bangkit dari situasi sulit dan juga situasi lainnya. Beberapa contohnya adalah ….

Naussica dari Nausicca di Lembah Angin (dia menyelamatkan orang-orang kerajaannya dari musuh di dunia pasca-apokaliptik yang hampir sendirian)

Sophie dari Howl’s Moving Castle (yang, meski dikutuk oleh wanita tua oleh penyihir, berhasil berdiri menghadap penasihat sihir raja, memecahkan kutukan seorang penyihir dan mematahkan kutukannya sendiri dengan menerima siapa dirinya)

Mononoke (San) dari Putri Mononoke (yang, dengan bantuan Ashitaka, seorang pangeran yang diasingkan, mampu mengembalikan keseimbangan pada alam, spiritual dan dunia manusia).


Keluarga.

Ke mana pun Anda pergi atau dengan siapa Anda, keluarga adalah prioritas utama Anda. Mereka patut diperjuangkan dan bertahan sampai akhir. Seita dan Setsuko dari Makam Fireflies dan Satsuki dan Mei dari Tetangga Saya Totoro semua berdiri bersama saat menghadapi krisis kehidupan. Ketika orang tua mereka terbunuh dalam peperangan yang terjadi selama Perang Dunia II, saudara kandung Seita dan Setsuko dengan putus asa berjuang untuk hidup mereka dan mencoba yang terbaik untuk menciptakan kehidupan yang layak. Sebagai peringatan, film ini pasti akan membuat Anda menangis dan pasti akan menyampaikan pesan apa artinya menjadi keluarga sekaligus nilai kehidupan dan kehidupan.

Di sisi lain, pada nada yang lebih ringan, adalah saudara kandung Satsuki dan Mei. Ketika Mei menemukan semangat hutan Totoro, dia berbagi petualangan dengannya dengan kakaknya. Sementara mereka memiliki perkelahian saudara kandung khas mereka, pada akhirnya, mereka mengungkapkan bahwa mereka benar-benar peduli satu sama lain dan mereka tidak dapat membayangkan dirinya sendiri tanpa yang lain.


Tidak takut menghadapi hal yang tidak diketahui, berarti tumbuh sebagai individu.

Intinya, tidak apa-apa merasa tidak pada tempatnya dari zona nyaman Anda. Dengan melangkah keluar dari zona nyaman Anda, Anda belajar tentang gagasan baru, pergi ke tempat baru dan dapat bertemu orang baru. Tentu, ini mungkin sangat mengintimidasi pada awalnya, tapi begitu Anda menerima tantangan hidup ini, Anda akan menemukan lebih dari yang Anda harapkan.

Chihiro dari Spirited Away adalah salah satu karakter yang menyadari hal ini. Dia enggan pindah ke tempat baru bersama orang tuanya tapi ketika berhenti sejenak di pinggir jalan menjadi tidak tepat, Chihiro mendapati dirinya tidak hanya berada di tempat baru tapi juga di dunia baru. Dengan menerima posisinya dan siap menghadapi tantangan apa pun yang harus dipecahkannya agar bisa pulang, Chihiro dapat membuat teman baru dan mempelajari maknanya di balik pepatah “hidup adalah sebuah petualangan.”

Dunia yang diproduksi oleh para seniman dan sutradara Studio Ghibli akan selalu menjadi petualangan yang penuh dengan keajaiban dan pelajaran, tidak peduli berapa kali Anda telah mengunjungi mereka. Pergi dan jelajahi! Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda ambil dari karya-karya artistik ini.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,