in

Menkes: tiga vaksin baru dalam tahap uji coba

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan tiga vaksin dasar yang baru akan diterapkan pada 2017 masih dalam tahap uji coba guna mengoptimalkan kegunaan dan manfaat.

“Jadi diuji coba dulu. Yang untuk kanker serviks sudah diuji coba di Jakarta, kita lihat dulu,” kata Nila usai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Jakarta, Selasa.

Nila menjelaskan mereka masih menilai efektivitas vaksin yang dipilih dengan tingkat imunitas yang dihasilkan. Dia menjelaskan pemerintah menginginkan vaksin dengan efek imunitas yang maksimal.

“Karena ini menyangkut perhitungan biaya dan sebagainya, dan apakah betul nanti penyakitnya itu turun kita harus nilai semua,” ucap Nila.

Dia menegaskan Kementerian Kesehatan juga bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam menyalurkan vaksin baru tersebut guna menghindari adanya praktik vaksin palsu seperti yang terungkap pada 2016.

Kementerian Kesehatan menambah tiga vaksin dasar mulai 2017 dalam rangka program nasional imunisasi dasar lengkap yaitu vaksin Measles Rubella (MR), Pneumococcus, dan Human papillomavirus (HPV).

Vaksin Measles Rubela digunakan sebagai pengganti vaksin campak yang sudah diterapkan selama ini. Vaksin Pneumococcus bertujuan untuk pencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Sementara vaksin HPV digunakan untuk mencegah kanker serviks yang bisa divaksinasi pada anak-anak tanpa perlu menunggu dewasa.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

Belasan warga Kulon Progo terserang anthrax

BCL gandeng penata artistik luar siapkan konser tunggal