in

Nasir Tewas Terhimpit Kayu yang Dipotong

Selasa, 8 Agustus 2017 15:22 WIB

* Satu Lagi Luka-luka

BLANGPIDIE – Seorang warga tewas dan satu lainnya luka serius akibat terhimpit balok bulat saat memotong kayu untuk kebutuhan sendiri, Senin (7/8), sekira pukul 10.00 WIB. Peristiwa itu terjadi di kawasan Panton Garut, Dusun Lhok Batee Intan, Gampong Padang, Manggeng, Aceh Barat Daya.

Korban meninggal bernama M Nasir (44), warga Gampong Padang, yang tinggal di Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil. Sedangkan yang mengalami luka serius adalah Rusdi alias Yong Batun (32), penduduk Lhok Batee Intan, Gampong Padang.

Keuchik Gampong Padang, Erwin mengatakan Rusdi dalam perawatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Teungku Peukan di Padang Meurantee, Susoh. Dia mengalami luka serius pada bagian kaki. Sedangkan Nasir, kemarin sore dikebumikan di Suka Damai atas permintaan istri almarhum.

Keuchik Suka Damai, Syarifuddin, menceritakan Nasir, Rusdi, dan seorang warga lainnya memotong dan membelah kayu sembarang untuk dipakai sendiri di Gunung Panton Garut di kawasan Hulu Krueng Manggeng. Waktu tempuh sekitar 2,5 jam jalan kaki dari perkampungan warga Lhok Batee Intan.

Tidak jelas seperti apa kronologinya, saat mesin pemotong kayu (shinsaw) menderu, pohon tumbang ke arah mereka dan menghimpit Nasir serta Rusdi. Keterangan dari beberapa pihak, saat itu satu pohon kayu jenis sembarang sudah dipotong.

Sebelum dibelah, Nasir dan Rusdi beristirahat tidak jauh kayu balok yang sudah dipotong. Tiba-tiba, ada kayu lain jatuh menimpa kayu bulat yang sudah dipotong tersebut. “Kayu bulat itu berguling kemudian menghimpit kedua korban. Tapi, bagaimana persis kejadiannya, saya tidak tahu” kata Syarifuddin.

Akibat kejadian itu, kepala Nasir dihimpit kayu sehingga meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan Rusdi terhimpit balok pada bagian kaki. Dia mengalami luka serius.

Seorang lainnya luput dari musibah itu karena dia menuju aliran sungai. Mengetahui dua rekannya tertimpa balok, dia bergegas melaporkan peristiwa tersebut kepada warga Lhok Batee Intan.

Segera saja, warga bersama beberapa anggota keluarga menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Korban meninggal dan korban luka ditandu dari lokasi kejadian menuju pingiran aliran Krueng Manggeng, sampai titik yang bisa dijangkau mobil yang membantu evakuasi.

Sampai titik lokasi ini, proses evakuasi dibantu Kapolsek Manggeng bersama sejumlah personel Polsek, Petugas Satgas SAR, dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya.

Nasir dibawa dengan mobil menelusuri aliran sisi Krueng Manggeng menuju rumahnya di Suka Damai. Sementara Rusdi dilarikan ke RSU Teungku Peukan, Susoh, untuk menjalani perawatan.(nun)

What do you think?

Written by virgo

5 Perlombaan Paling Kocak Bikin 17 Agustus Makin Meriah

Rumah PNS Aron Digerayangi Maling