Beranda Nasional Pasokan Meningkat, Harga Cabai Merah di Meulaboh Anjlok

Pasokan Meningkat, Harga Cabai Merah di Meulaboh Anjlok

422
0
BERBAGI

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Harga cabai merah dan tomat di Pasar Bina Usaha (SBU) Meulaboh, Aceh Barat, dilaporkan mengalami penurunan secara drastis. Anjloknya harga dua jenis komoditi ini karena melimpah pasokan dari petani sejak beberapa pekan terakhir.

Iyan (26), salah satu pedagang cabai di PBU Meulaboh menyebutkan, harga enceran cabai merah saat ini hanya Rp15 ribu/kg. Sedangkan harga sebulan lalu cabai merah mencapai Rp30 ribu/kg. Untuk harga tomat Rp 5 ribu/kg, dari harga sebelumnya Rp9 ribu/kg.

“Selama memasuki bulan ini belum ada barang yang naik. Malah terjadi penurunan harga,” katanya. Sementara komoditi lain, menurut Iyan masih tergolong stabil. Seperti cabai rawit, harga Rp30 ribu/kg, Bawang putih Rp36 ribu, dan bawang merah dengan harga 30 ribu/kg.

Dikatakannya, pengaruh turunnya harga tersebut tidak berdampak baik terhadap para pedagang. Bahkan kondisi ini membuat pedang menjadi lesu. Sejak memasuki bulan Maret ini, Iyan mengaku, permintaan masyarakat terhadap kebutuhan dapur semakin merosot. Walaupun harganya sudah turun secara drastis.

Akibatnya pedagang terpaksa menurunkan permintaan pasokan  terhadap sejumlah jenis komoditi dari petani. ”Biasanya cabai merah saya pesan dari penyalur hingga 60 kg. Kalau kini hanya 30 kg saja. Karena pasar sedang dilanda sepi,” katanya.

Ia menambahkan, sepinya pembeli ini kemungkinan disebabkan ekonomi masyarakat sedang tidak menentu, “Keungannya tidak jelas. Sehingga berimbas pada pasar. Mudah-mudahan memasuki bulan depan ini, permintaan masyarakat kembali normal. Dan kami selaku pedagang lebih bergairah,” harapnya.[]

Komentar