in

Pemerintah Tindaklanjuti Pembangunan Daerah

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menu­gaskan para menteri untuk menindaklan­juti pembangunan infrastruktur di beberapa daerah.

“Beliau (Presiden) memonitor apa saja yang dulu diusulkan oleh para gubernur, bupati, dan wali kota sudah ditindaklanjuti oleh para menteri,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ba­suki Hadimuljono, di halaman Istana Nega­ra, Jakarta, Senin (17/6).

Beberapa menteri yang menemui Pre­siden Jokowi, antara lain Menteri Peren­canaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo.

Menurut Basuki, Presiden sebelumnya telah mengundang beberapa kepala daerah untuk membahas pembangunan infrastruk­tur di daerah masing-masing, yakni Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Papua.

Pembangunan infrastruktur di sejumlah kawasan itu beragam, tergantung kebutuhan, seperti infrastruktur olahraga di Papua untuk Pekan Olahraga Nasional, hingga infrastruk­tur transportasi di Jawa Timur dan Jawa Te­ngah untuk kelancaran kegiatan industri.

“Kemudian pembangunan jalan tol, mi­salnya Semarang–Demak itu juga diarahkan untuk bisa mendukung pengembangan ka­wasan-kawasan industri. Kalau yang bound­ed zone. Juga pembangunan dari Kendal, karena di sana sudah ada Kendal Industrial Park,” ujar Basuki.

Dia menambahkan, pembangunan akses tersebut untuk mendukung kelancaran lo­gistik peti kemas.

Meski demikian, Basuki membantah usulan terkait mempercepat pembangunan infrastruktur di enam daerah tersebut karena pada Pilpres 2019 mereka telah memenang­kan Jokowi-Ma’ruf. “Bukan, Presiden mau meneruskan mengundang yang lain (daerah lain). Ini momen, kaanya tadi dibikin sambil dibuat jadwal untuk memanggil gubernur dan wali kota yang lain, semua sama, tadi Pak Setkab langsung diminta bikin jadwal undang lagi (daerah lain),” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Menteri Basuki me­ngatakan pihaknya akan mengikuti usulan Pemda Sumatera Barat terkait trase untuk pembangunan Jalan Tol Padang–Pekanbaru. Ant/AR-2

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pengedar Sabu Diringkus di Pondok Kemuning

Penipuan Dengan Modus Bisnis Galeri Taman, Subeki Dicokok Polisi