Beranda Kesehatan Penting! Demi Kesehatan Jantung, Perhatikan Hal-hal Ini

Penting! Demi Kesehatan Jantung, Perhatikan Hal-hal Ini

125
0
BERBAGI
ilustrasi

ACEHTREND.CO, Jakarta- Tidak ada hal yang paling berharga selain memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bahagia. Agar tetap sehat, salah satu organ yang sangat penting dijaga adalah jantung.

Namun penyakit yang menyerang jantung termasuk ke dalam penyakit yang membahayakan diri seseorang, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dikutip dari The List, berdasarkan data dari Centers for Disease and Control and Prevention (CDC), ada sekitar 610.000 orang Amerika meninggal setiap tahunnya karena penyakit jantung. Sedangkan di Indonesia sendiri, penyakit jantung adalah penyakit mematikan nomor satu.

Demi kesehatan jantung, detikHealth merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

1. Harus berolahraga

Olahraga bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Cukup dengan berolahraga selama 30 menit dan 3-5 kali dalam seminggu akan menjaga jantung Anda. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan jalan sehat atau jogging di pagi atau sore hari.

Hampir semua dokter menganjurkan untuk melakukan jalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Program ini sangatlah baik untuk kesehatan seluruh tubuh.

Baca juga: Kenali Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Berisiko Picu Penyakit Jantung

2. Jangan Merokok

Sudah bukan hal yang mengejutkan bila rokok menjadi pembunuh tingkat tinggi bagi siapapun penikmatnya. Rokok maupun rokok elektrik yang mengandung lebih dari 40 ribu zat kimia berbahaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Perokok pasif pun memiliki risiko penyakit jantung yang sama besar dengan perokok aktif. Penelitian menunjukkan bahwa perokok pasif bisa terkena penyakit jantung sekitar 25-30 persen.

3. Perhatikan berat badan

Hal ini penting sekali bukan semata-mata hanya untuk menunjang penampilan, namun jika tidak diawasi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, kadar kolesterol, sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Perubahan gaya hidup menjadi sehat bisa membantu mengurangi risiko-risiko tersebut.

4. Konsumsi makanan sehat

Seperti ‘You are what you eat’, itu lah yang menggambarkan tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi makanan sehat, maka tubuh Anda juga akan menjadi sehat.

Maka dari itu, pemerintah gencar mengedukasi masayarakat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Yaitu dalam satu porsi, setengah bagian terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan, setengah lainnya diisi dengan makanan pokok yang mengandung karbohidrat dan protein.

5. Mencukupi waktu tidur

Faktor terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga waktu tidur. Orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam bisa mengalami gangguan kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

Penelitian mengatakan bahwa orang pada usia berapapun yang memiliki waktu tidur sekita 7-9 jam semalam memiliki jantung yang lebih sehat.[]

Sumber : Detik.com

Komentar