Beranda Nasional Presiden Meminta Semua Pihak Saling Menghormati

Presiden Meminta Semua Pihak Saling Menghormati

51
0
BERBAGI

BOGOR – Presiden Joko Widodo meminta kepada semua pihak untuk terus saling menghormati antars­esama manusia, terlebih di Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019.

Menurut Presiden, Hari Raya Idul Adha ini sebagai momentum yang te­pat untuk terus melakukan kesalehan sosial. Hal tersebut disampaikan Pre­siden Jokowi usai melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8). Dalam kesempatan ini, Presiden di­dampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi.

“Seperti disampaikan oleh khotib bahwa ikatan ketakwaan kita pada Al­lah wajib, juga ikatan hubungan an­tarmanusia wajib kita lakukan. Dan paling penting di hari raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban, (bahwa) pengorbanan itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial,” kata Kepala Negara.

Presiden menjelaskan bahwa kes­alehan sosial tersebut penting untuk terus memperkuat kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia. “Saya kira di negara kita masih terus harus kita dorong agar seluruh umat me­lakukan itu dengan baik. Baik dengan teman, tetangga, saudara, dan rekan sekampung. Saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong,” ucap Presiden.

Saat ditanya mengenai tiga kali peringatan Idul Adha hanya di Bogor, Presiden mengaku karena dirinya bersama Ibu Iriana tinggal di Bogor, Jawa Barat.

“Ya, kan memang tinggalnya di Jawa Barat, cari yang dekat, biar eng­gak jauh,” jawab Presiden.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi melaksana­kan salat Idul Adha di Lapangan As­trid Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi. Kepala Negara bersama Ibu Negara tiba di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor ini sekitar pu­kul 06.40 WIB dengan berjalan kaki. Kedatangan Presiden disambut Men­teri Sekretaris Negara Pratikno, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, serta Kepala Kebun Raya Bogor DR R Hendrian yang selanjutnya mengan­tarnya hingga shaf terdepan. Adapun yang menjadi imam dan khatib Salat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya adalah Ustaz Iqbal Subhan Nu­graha, dosen Sekolah Tinggi An-Nu­aimy, Jakarta.

Usai melaksanakan salat dan men­dengarkan khotbah, Presiden Jokowi dan Ibu Negara menyerahkan hewan kurban kepada Kepala LIPI yang juga Panitia Penyelenggara Idul Adha 1440 H, Laksana Tri Handoko. fdl/AR-2