in

Pulau Batam Akan Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus

Sebentar lagi Pulau Batam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), bukan lagi Kawasan Perdagangan Bebas (Free Trade Zone/FTZ), hal ini dipastikan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil

“Batam KEK, kelihatannya semua manfaat KEK didapat semua,” kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Berbagai insentif KEK dapat dinikmati pelaku usaha yang berada di kawasan yang ditetapkan pemerintah.

Menurut dia, kebijakan yang dibuat untuk Batam nantinya bersifat menyeluruh, agar pulau itu dapat kembali menjadi lokomotif perekonomian Indonesia.

Namun Menteri ATR yang juga Anggota Dewan Kawasan Batam itu belum memastikan berapa dan di mana saja lokasi yang menjadi KEK Batam. “Belum tahu berapa lokasi,” kata dia.

Baca juga :  UKM UDANG KERING MAMPU MENAMPUNG 20 ORANG KARYAWAN

Sofyan juga tidak memastikan apakah Pulau Rempang dan Pulau Galang yang saat ini masih status quo, akan masuk dalam KEK Batam.

Ia menyatakan Dewan Kawasan Batam yang beranggotakan sejumlah Menteri masih mengerjakan konsep KEK Batam, di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Darmin Nasution.

“FTZ Batam tidak ada lagi. Bagaimana pengaturan detil, sedang direncanakan. Saya anggota tapi belum dibicarakan sampai ke situ,” katanya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

6 Teknologi Tercanggih Saat Ini

Capaian Akhir Tahun Kinerja BRG Dalam Merstorisasi Lahan Gambut