in

Raja Nyambi Pilot Komersial

Jarang ada orang yang menyimak pengumuman di pesawat. Kecuali soal delay. Padahal, kalau pengumuman itu didengarkan baik-baik, ada kemungkinan yang membawa pesawat adalah figur-figur terkenal. 

Misalnya, Raja Belanda Willem-Alexander. Baru-baru ini, sang raja mengungkapkan dirinya sering menjadi kopilot penerbangan komersial. Sebulan bisa dua kali. “Aku melakukannya selama 21 tahun terakhir. Aku memang mengambil kelas terbang untuk Boeing 737,” paparnya.

Maklum, pilot yang tergabung di maskapai KLM tersebut punya sertifikat untuk pesawat jenis Fokker 70, yang notabene jarang digunakan. Dia pun memilih menyetir pesawat komersial dengan status pilot tamu.

Karena merupakan tamu, raja berusia 50 tahun itu selalu menjadi kopilot. Menurut dia, hobi (atau pekerjaan) sampingan tersebut membuatnya sejenak melupakan urusan kerajaan.

“Tentu saja, aku tak bisa membawa masalah dari darat ke udara. Selama terbang, aku bertanggung jawab terhadap penumpang dan kru,” tegas dia.

Sebagai kopilot, sang raja sering menyampaikan pengumuman. Baik dengan menyebut nama maupun tidak. Setelah pesawat mendarat, dia sering menyapa penumpang bersama kru lainnya.

“Cuma satu dua orang yang kenal. Menyenangkan rasanya,” ucapnya. Mungkin kalau raja yang lain, suaranya bakal mudah dikenali. Raja dangdut, misalnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Waspadai Abu Vulkanik

Jadi Ancaman Semua Organisasi