in

Ribuan Warga Antusias Ikuti Car Free Day 2017

spdPara sepeda santai berkeliling mengitari Kota Medan menempuh jarak sekitar 10 Km. mengikuti Car Free Day (CFD) perdana tahun 2017 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/3). ( beritasore/zili )

Medan ( Berita ) : Ribuan warga dari seluruh penjuru Kota Medan dengan penuh antusias mengikuti Car Free Day (CFD) perdana tahun 2017 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/3). Selain dimerihakan serangkaian kegiatan olahraga, warga juga bisa mengikuti senam jantung sehat.
CFD ini merupakan kegiatan rutin yang digelar pemerintah sebagai bentuk sosialisasi untuk mengajak masyarakat mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor.

CFD diawali dengan pelepasan sepeda santai yang dilakukan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara Husin Lubis SH dengan mengambil start di Jalan Pualau Penang. Para peserta sepeda santai ini berkeliling mengitari Kota Medan dengan menempuh jarak sekitar 10 Km.

Setelah itu Wali Kota bersama Dandim memantau pelaksanaan senam jantung sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka. Jumlah peserta yang mengikuti senam ini terus bertambah, terutama dari kalangan dewasa dan orang tua.

Mereka dengan penuh semangat mengikuti gerakan yang dipandu sejumlah instruktur. Senam jantung sehat ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan bekerjasama dengan Yayasan jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Sutara.

Tampaknya warga mulai menyadari akan penting dan manfaat dari mengikuti senam jantung sehat yang terus digelorakan Wali Kota bersama Ketua TP PKK Kota Medan sekaligus Ketua YJI Cabang Sumut, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin. Tak bosan-bosannya Wali Kota bersama sang istri mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka.

“Senam jantung ini sangat penting untuk kesehatan jantung. Jika rutin mengikutinya, insya Allah jantung kita akan sehat. Sebab, seluruh gerakan dari senam ini untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Jika peredaran darah lancar, kecil kemungkinan kita terkena penyakit jantung. Jadi mari kita rutin mengikuti senam jantung ini,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, Minggu ini CFD kembali digelar. Dengan demikian masyarakat dapat kembali berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan olahraga di seputaran Lapangan Merdeka.

“Selain mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, melalaui kegiatan CFD ini, kita juga ingin mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengurangi polusi yang disebabkan asap kenderaan bermotor. Melalui CFD ini, kita berharap polusi udaha dapat diminimalisir sehingga warga Kota Medan dapat menikmati udara yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

Usai mengikuti senam jantung sehat, warga tidak langasung pulang. Ada yang beristirahat sejenak untuk melepaskan rasa lelah, ada juga warga yang memanfaatkan momen itu untuk salaing bersialturahmi sambil menikmati rangkaian kegiatan olahraga lainnya seperti joging, atraksi ketangkasan sepeda BMX, sepatu roda, hula hop maupun menyaksikan komunitas sepeda ontel.
Selama CFD ini berlangsung, seputaran Lapangan Merdeka ditutup petugas Satlantas Polrestabes Medan dan Dinas Perhubungan Kota Medan mulaui pukul 06.00 sampai 10.30 WIB. Hal itu dilakukan agar kawasan itu steril dari asap kenderaan bermotor dan warga benar-benar mendapatkan udara yang sehat sambil berolahraga bversama anggota keluarganya.
Sementara itu Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH mengatakan, kualitas pelaksanaan CFD akan terus mereka tingkatkan setiap pekannya agar masyarakat yang mengikutinya semakin banyak lagi. Sebagai salah satu terobosan yang dilakukan, Mara Husin mengatakan nilai hadiah yang akan diberikan kepada peserta CFD melalui lucky draw dipenghujung acara akan ditingkatkan lagi.
“Selama ini setiap minggu pelaksanaan CFD digelar, kita selalu membagi-bagikan hadiah kepada para peserta melalui lucky draw. Namun untuk pelaksanaan CFD tahun ini, pembagian hadiah akan kita lakukan di pekan terakhir setiap bulannya. Artinya, hadiah kita bagikan sebulan sekali. Ini snegaja kita lakukan agar hadiah yang diberikan lebih menarik dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” jelas Mara Husin.

Pelaksanaan perdana CFD di tahun 20127 ini berlangsung meriah. Selain kegiatan olahraga dan senam jantung, Satlantas Polrestabes Medan juga menyediakan taman edukasi bagi anak-anak berusia 4 tahun ke atas. Selain bermain, anak-anak juga mulai sejak dini diajarkan dan diperkenalkan mengenai rambu-rambu lalu-lintas sehingga mereka mengetahui fungsi maupun manfaatnya masing-masing. ( zili )

What do you think?

Written by virgo

Gonzales Bawa Arema Juarai Piala Presiden 2017

Kisah Uwais Al Qarni, Pemuda Istimewa di Mata Rasulullah