in

Saat Medan Magnet Bumi Terbalik, Apa Dampaknya?

PROHABA.CO – SEKITAR 42.000 tahun lalu, sesuatu luar biasa terjadi di planet ini. Medan magnet Bumi terbalik.

Untuk sementara waktu medan magnet utara adalah selatan dan medan magnet selatan adalah utara.

Terbaliknya medan magnet ini efeknya sangatlah merusak, menciptakan cuaca ekstrem, dan kemungkinan menyebabkan kepunahan besar mamalia dan Neanderthal.

Seperti dikutip dari New Scientist, Senin (22/2/2021) hasil tersebut didapat setelah peneliti melakukan analisis terhadap cincin pohon yang memfosil.

Seperti diketahui, medan magnet Bumi meluas hingga ke luar angkasa dan dan paling terkonsentrasi di kutub utara dan selatan.

Terkadang medan magnet memang berbalik setiap 200.000 hingga 300.000 tahun, tetapi kita memiliki sedikit bukti tentang bagaimana hal tersebut berdampak pada planet Bumi.

Baca juga: Mengapa Ada Orang Tidak Gemuk Meski Makan Banyak?

Kini, melalui sebuah studi, akhirnya Alan Cooper dari South Australian Museum di Adelaide, Australia, bersama rekan-rekannya berhasil menemukan beberapa jawaban tentang misteri medan magnet Bumi yang pernah terbalik pada 42.000 tahun lalu.

Tim melakukan analisis radiokarbon pada cincin pohon kauri purba (Agathis australis) yang diawetkan untuk mempelajari pembalikan medan magnet paling terakhir di Bumi yang disebut Laschamp.

“Pohon itu hidup melewati peristiwa Laschamps.

Untuk mendeteksi secara tepat kapan medan magnet terbalik.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim Parekraf Sumsel Sambangi Senior Pariwisata, Babe Herlan: Alhamdulillah Energi Baru Untuk Parekraf Semakin Solid  

Hari Ini 650 Pendidik dan Tenaga Pendidik Disuntik Vaksin COVID-19