in

Sayang Alam dan Jaga Keberagaman

Pada hari ketiga Lebaran, Selasa (27/6), keluarga Iwan Fals, 55, menggelar open house. Bukan hanya untuk tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya, tetapi juga para penggemarnya yang lebih dikenal dengan sebutan OI. Penyanyi senior itu mengatakan, kegiatan halalbihalal tersebut diadakan setiap tahun.

Dia memilih hari ketiga dan keempat Lebaran karena hari pertama dan kedua difokuskan untuk keluarga. Setidaknya lebih dari seratus orang mengunjungi rumah musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu. Acara silaturahmi tersebut menjadi ajang bertatap muka dengan para penggemarnya.

”Kita cerita macam-macam. Masing-masing punya kerinduan dan pemikiran yang ingin disampaikan,” ujar Iwan yang didampingi sang istri, Rosanna Listanto, di kediamannya.

Saat bertatap muka dengan tamu, ada tiga hal penting yang selalu diingatkan Iwan. ”Yang penting jangan ngerugiin diri sendiri, jangan ngerugiin orang lain. Sama sayang sama alam semesta,” tegas Iwan.

Pelantun lagu Bento itu juga sangat senang dengan respons yang diberikan kelompok OI. Mereka bersemangat tetap mempertahankan tiga hal yang disampaikan Iwan tersebut. ”Alhamdulillah tetap produktif obrolan itu,” sambung ayah tiga anak tersebut.

Dalam acara itu, Iwan juga mengingatkan kembali pentingnya keberagaman. Sebab, kodrat Indonesia bukan seragam, melainkan Bhinneka Tunggal Ika. ”Kita dari Aceh sampai Papua beda semua, mulai makanan, pakaian, hingga budaya. Jangan sampai itu tersingkirkan. Kebetulan, saya tadi ingetin itu,” imbuh Iwan. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Kedai Kopi Kofluck, Beri Hadiah untuk Orang yang Tertimpa Masalah

Stok Berkurang, Harga Cabai Mulai Naik