in

Teknologi dan Masa Depan Umat Manusia

Manusia adalah mahluk biologis yang bisa dikatakan cukup cerdik. Bisa dibilang kita berawal dari gua dan sekarang kita sudah menjelajahi samudera, menemukan listrik, dan bahkan menginjakkan kaki di bulan. Hal ini bisa terjadi karena kita memiliki memiliki organ cukup hebat dengan jutaan syaraf yang disebut otak. Hanya dengan memakai 20% kalori dari metabolisme manusia, otak dapat menciptakan berbagai hal yang sangat spektakuler seperti bola lampu, telepon genggam, bahkan internet.

Namun, masalahnya meski “software” dari otak manusia selalu diperbarui berkat sains dan pengetahuan, “hardware” dari otak kita belum berkembang sejak masa prasejarah. Proses “upgrade” untuk bagian terpenting dari manusia ini membutuhkan waktu ribuan tahun, karena proses evolusi memakan waktu yang sangat lama. Tetapi, nampaknya hambatan-hambatan ini tidak akan lagi menjadi masalah untuk manusia, dan inilah alasannya.

Modifikasi Genetik Manusia

Bila ilmu dan pengetahuan tentang genetik manusia berkembang, maka kita akan mulai merubah struktur gen kita untuk menghilangkan berbagai kelemahan manusia seperti menyembuhkan autisme, penyakit mental, dan berbagai penyakit lainnya seperti kanker. Selain itu kita juga dapat merancang bayi manusia atau bahkan menciptakan berbagai ras baru. Hal ini mungkin sudah mulai terjadi, sebuah metode baru untuk modifikasi gen dengan sebutan CRISPR memiliki kemampuan untuk mengubah gen pada embrio manusia.

Teknologi Robotik

Pernahkah anda melihat film Robocop? Masa depan manusia apabila teknologi robotik berkembang pesat kurang lebih akan seperti di film tersebut, dimana anggota dan organ tubuh manusia akan mulai digantikan dengan mesin-mesin robotik yang memiliki kemampuan lebih. Selain itu seluruh pekerjaan fisik seperti pertanian dan industri akan digantikan seluruhnya oleh robot.

Intelejensi Buatan : Program Lebih Pintar Dari Manusia

Sebuah program yang mampu belajar dan meningkatkan kinerja nya sendiri, tentu saja kita semua menginginkannya bukan? Pertanyaannya apa yang terjadi ketika program tersebut mulai berkembang dan melampaui manusia? Ketika sebuah mahluk memiliki kemampuan lebih kuat dari mahluk lainnya, maka mahluk tersebut akan mulai memangsa mahluk lain. Hal ini mungkin terjadi ketika Intelejensi Buatan mulai tercipta.

Video OPEN AI melawan Gamer Pro DOTA 2

Beberapa bulan yang lalu sebuah tim ahli telah membuat Intelejensi Buatan sederhana dan mulai menguji kemampuannya dalam bermain video games dengan manusia. Bahkan salah para pemain video games terbaik di dunia tidak mampu mengalahkan Intelejensi ini.

Teknologi-teknologi ini bisa menjadi awal baru bagi perkembangan umat manusia, entah itu sebuah perkembangan menuju masa depan yang cerah, atau kepunahan bagi seluruh spesies. Teknologi ini telah diprediksikan akan terjadi, dan yang pastinya suatu saat nanti kita akan mulai menggunakannya untuk tubuh kita, dan ketika hal tersebut terjadi pertanyaan utama nya adalah apakah kita masih dapat dianggap “manusia” pada saat masa itu datang?

Dewasa ini kita sudah mulai tidak dapat memisahkan diri dari teknologi seperti telepon genggam, komputer, atau internet. Mungkin ini adalah salah satu proses evolusi manusia, dimulai dari evolusi biologi, lalu teknologi, dan hal yang lebih besar nantinya. Perkembangan yang telah kita capai saat ini mungkin tidak pernah dibayangkan oleh para leluhur kita, tetapi setidaknya kita masih spesies yang sama dengan mereka. Di masa depan mungkin manusia bukan lagi spesies yang sama. Mereka mungkin akan melihat kembali ke masa kita saat ini dengan anggapan yang sama dengan kita melihat spesies primata. Selama ini perkembangan kita selalu bersifat eksternal dan mengarah keluar, seperti menjelajah benua, samudera, bahkan luar angkasa. Mungkin evolusi sebenarnya mengarah kedalam. Namun sebelum masa itu terjadi kita masih memiliki banyak halangan menghadang. Senjata pemusnah massal, bencana alam, penyakit menular, perpecahan politik, dan masalah lainnya. Dan apabila kita dapat melaluinya, masa depan yang luar biasa tengah menunggu kita.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

UE Tolak Jadi Mediator

Pelajaran Membuat Kalimat